Clicky

Batubara di Ponton Terbakar Dekat Bigmall Samarinda

ilustrasi

KLIKSAMARINDA – Tumpukan batubara di atas ponton yang berada di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), terbakar Selasa malam 24 Agustus 2021. Batubara itu di atas ponton dengan lambung Bos 5 yang ditarik Tug Boat (TB) Arek Suroboyo 5.

Ketika terbakar, asap tebal mengepul hingga masuk ke dalam basemen Big Mall di Jalan Untung Suropati, Kelurahan Karang Asam Ilir, Kelurahan Sungai Kunjang, Samarinda.

Seorang pengunjung Bigmall Samarinda, Fajar yang berada tidak jauh dari lokasi kapal ditambatkan mengatakan bahwa asap tebal dari ponton pengangkut batu bara itu masuk ke dalam mall. Akibatnya, Fajar mencium bau yang tidak sedap.

“Baunya sangat menyengat membuat saya sesak napas. Lebih baik pulang saja dari pada nanti sakit,” ujar Fajar singkat.

Dari data Kantor Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II A Samarinda, kapal tugboad dan ponton pengangkut batubara itu merupakan milik PT. Barge Indonesia untuk nama Tug Boat (TB) Arek Suroboyo 5 dan Tongkang Boss 5.

“Perusahaannya PT. Barge Indonesia, untuk asal batu bara kami masih belum dapat datanya,” ujar Kepala Seksi Keselamatan Berlayar dan Patroli Kantor Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II A Samarinda, Capt Slamet Isyadi ketika dikonfirmasi pada Rabu, 25 Agustus 2021.

“Kami juga meminta kepada pemiliknya untuk segera melakukan penanganan dan pendinginan dengan menggunakan chemical, malam itu juga,” ujar Capt Slamet Isyadi.

Capt Slamet Isyadi menyatakan, pihak KSOP telah meminta kepada pemilik ponton untuk memindahkan tongkang ke daerah hulu wilayah Tenggarong.

“Dibawa ke daerah hulu sana, supaya nanti bisa dilakukan penanganan intensif dan proses chemical, hingga muatan normal kembali,” ujar Capt Slamet Isyadi. (Jie)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com