Alat Canggih MRI di RSHD Samarinda, Alat Diagnostik Mutakhir untuk Tubuh – KLIK SAMARINDA
Advertorial

Alat Canggih MRI di RSHD Samarinda, Alat Diagnostik Mutakhir untuk Tubuh

Sebagai rumah sakit yang memiliki tempat istimewa dalam pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Haji Darjad (RSHD) Samarinda tetap concern terhadap sisi pelayanan dan ketersediaan peralatan kesehatan.

(Last Updated On: August 25, 2019)

Sebagai rumah sakit yang memiliki tempat istimewa dalam pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Haji Darjad (RSHD) Samarinda tetap concern terhadap sisi pelayanan dan ketersediaan peralatan kesehatan.

Demi pelayanan kesehatan ini, RSHD Samarinda bahkan menyediakan dengan alat canggih, selain tenaga medis yang mumpuni yang juga diperlukan untuk pemeriksaan.

Di Rumah Sakit Haji Darjad (RSHD) Samarinda, alat kesehatan canggih tersedia untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan. Satu di antaranya adalah Magnetic Resonance Imaging (MRI).

MRI merupakan alat diagnostik mutakhir untuk memeriksa dan mendeteksi tubuh dengan menggunakan magnet dan gelombang frekuensi radio.

Menurut Staf Ahli RSHD Samarinda, dr. H. Awang Joemani, alat MRI ini sejenis alat pencitraan atau semacam alat pemindai. Hasil dari alat ini dapat langsung digunakan sebagai acuan tindakan operatif.

“Alat itu (MRI) berfungsi sebagai pencitraan, alat pemindai. Hasilnya bisa langsung digunakan untuk tindakan operatif. Kita sudah tahu pasti di mana letak untuk melakukan pembukaan,” ujar dr. H Awang Joemani kepada KlikSamarinda beberapa waktu lalu.

Nah, alat kesehatan satu ini dimiliki oleh RSHD sejak 2011 silam biasa digunakan untuk memindai kepala atau otak. Awang menyebutkan alat ini memerlukan kondisi khusus.

“Alat canggih ini memerlukan perlakuan khusus. Misalnya, kamarnya khusus, temperatur, udara dan cahaya ada pengaturan khusus. Juga tenaga operatornya,” papar Awang.

Tercatat, satu unit MRI dimiliki rumah sakit ini mampu melayani hingga 10 pasien per hari. Seorang pasien membutuhkan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam untuk sekali pemeriksaan. Hal ini bergantung pada kasus yang dialami sang pasien.

Alat ini digunakan tanpa operasi, penggunaan sinar X, ataupun bahan radioaktif. Itulah keunggulan MRI dibanding CT Scan.

Keunggulan lainnya, karena tak menggunakan sinar X dan bahan radioaktif, MRI tidak memiliki efek negatif yang menghantui pasien.

Dampaknya jelas. RSHD Samarinda kerap jadi rujukan untuk rumah sakit lain yang tidak menggunakan MRI, bahkan dari luar Samarinda seperti Sangatta, Bontang, dan Tenggarong.

Selain MRI, rumah sakit yang beralamat di Jalan Dahlia No. 04 Samarinda ini memiliki alat USG empat dimensi dan fasilitas khusus untuk pasien penderita penyakit jantung. (Adv)