Kuliner

Akibat Wabah Corona, Agenda Popprov Kaltim 2020 Ditunda

KLIKSAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memastikan agenda Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) XVI Tahun 2020 yang sedianya digelar November 2020 ditunda. Penundaan itu mengingat terjadinya wabah Virus Corona (Covid 19).

Kepala Dispora Kaltim, HM Syirajudin mengatakan, surat penundaan pelaksanaan ke tahun 2021 akan segera disampaikan Bupati Berau kepada Gubernur Kaltim dalam waktu dekat.

“Surat penundaan rencananya akan ditandatangani Bupati Muharram, hari ini (Senin). Setelah itu, segera disampaikan kepada Gubernur dan Kadispora Kaltim untuk ditindaklanjuti. Penundaan ini sebagai bentuk kepedulian kita semua terhadap keselamatan atlet, pelatih dan masyarakat pendukung kegiatan olahraga,” ungkap Syirajudin ketika memimpin rapat via video conference terkait pelaksanaan Popprov diikuti Kadispora Kabupaten dan Kota se Kaltim, Senin 4 Mei 2020.

Syirajudin mengatakan segera menyiapkan jawaban persetujuan penundaan pelaksanaan kepada Bupati Berau. Selanjutnya, menyiapkan surat kepada TAPD Provinsi Kaltim agar dapat menganggarkan bantuan pelaksanaan Popprov 2020 ke Tahun Anggaran 2021 melalui mekanisme Bantuan Keuangan.

“Sebagaimana disampaikan Kadispora Berau, Dispora Provinsi akan segera menindaklanjuti beberapa hal terkait penundaan ini, seperti surat jawaban Gubernur kepada Bupati Berau, Surat ke TAPD Kaltim. Selanjutnya, kami akan menyiapkan surat kepada Bupati/Walikota se-Kaltim untuk menganggarkan kembali dana keikutsertaan daerahnya dalam Popprov 2021,” jelas Iyat, sapaan akrabnya.

Dalam rapat ini juga disepakati untuk mengubah kembali nomenklatur Popprov ke nama sebelumnya Popda (Pekan Olahraga Pelajar Daerah). Hal ini agar tidak terjadi kesalahan tekhnis dalam proses penganggaran. Dikarenakan kemiripan nama dengan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). (*)