Clicky

Abdul Rofiq Ajak Masyarakat Peduli Sungai

Abdul Rofiq

KLIKSAMARINDA – Anggota DPRD Samarinda, yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Abdul Rofiq, memberikan perhatian khusus terhadap kelestarian lingkungan. Satu di antaranya dengan mengajak masyarakat Samarinda untuk lebih memperhatikan kondisi lingkungan sungai yang berada di alur Sungai Karang Mumus, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Abdul Rofiq, pelestarian lingkungan Sungai Karang Mumus akan memberikan dampak positif, khususnya bagi kehidupan warga sekitar. Misal, jika pemeliharaan sungai berlangsung dengan baik, maka kondisi air di Samarinda akan jauh lebih baik dari sebelumnya untuk dikonsumsi.

“Saya mengapresiasi warga yang peduli terhadap lingkungan. Selain meningkakan kualitas air sungai Mahakam yang ada di Gunung Lingai. Air kita ini tidak hanya sebagai sarana tetapi juga sumber konsumsi,” ujar Abdul Rofiq beberapa waktu lalu.

Abdul Rofiq menambahkan, jika kualitas air jernih, masyarakat akan mendapatkan sejumlah manfaat. Manfaat itu bisa datang dari sungai itu sendiri, maupun dari kualitas lingkungan yang ada di sekitar sungai.

“Jika sungai jernih, kita akan mendapatkan beberapa keuntungan. Jika dikonsumsi, air ini tidak begitu mahal dalam hal pengolahan. Sektor wisata juga akan terus berkembang dan meningkatkan jumlah wisatawan. Secara ekonomi, akan meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujar Abdul Rofiq.

Secara khsuus, Abdul Rofiq mengajak masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan sungai. Selain tidak membuang sampah ke sungai, partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan sungai akan memberikan dampak positif.

“Mari kita bersama jaga kualitas sungai. Jangan sampai membuang sampah ke sungai. Ayo sama-sama jaga air sungai agar bisa bermanfaat untuk kita semua,” ujar Abdul Rofiq. (*)

DMCA.com Protection Status