NewsPemkot Samarinda

Wali Kota Samarinda Dorong Konsumsi Ikan Bagian Cegah Stunting, Bakal Bangun Cool Storage

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menghadiri acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang diselenggarakan di Dermaga Harapan Baru, Jalan Cipto Mangunkusumo Samarinda, pada Kamis 30 Mei 2024, kemarin.

Dalam acara tersebut, Wali Kota Andi Harun menyampaikan pentingnya konsumsi ikan bagi kesehatan dan perkembangan generasi muda.

“Ikan mengandung protein tinggi, omega 3, serta berbagai zat gizi lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama dalam masa pertumbuhan anak-anak,” kata Wali Kota Andi Harun.

Lebih lanjut, Wali Kota Andi Harun menekankan bahwa memasyarakatkan konsumsi ikan bukan hanya tentang aspek kesehatan. Konsumsi ikan juga sebagai upaya pencegahan stunting, terutama bagi ibu hamil.

“Konsumsi ikan pada ibu hamil dapat membantu mencegah kelahiran bayi dengan berat badan rendah atau stunting,” ucapnya.

Selain itu, dalam konteks ekonomi, konsumsi ikan juga berperan dalam mengendalikan inflasi.

Wali Kota Andi Harun menjelaskan bahwa ikan, terutama ikan gabus dan layang, merupakan komoditas yang sangat populer di Kota Samarinda dan sekitarnya.

“Jika produksi ikan haruan menurun, hal ini dapat memengaruhi ketersediaan ikan di pasaran dan berpotensi meningkatkan inflasi,” jelasnya.

Ia mengatakan untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah Kota Samarinda berencana membangun fasilitas penyimpanan ikan modern.

“Kami akan membangun cool storage di kawasan Harapan Baru sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan ikan dan stabilisasi harga di pasaran,” ujarnya.

Dengan adanya cool storage tersebut, diharapkan ketersediaan ikan tidak lagi dipengaruhi oleh faktor cuaca atau musim, sehingga dapat menjaga harga tetap stabil dan terjangkau bagi masyarakat. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status