NewsPemkot Samarinda

Taman Samarendah Samarinda Bakal Direnovasi Menuju Destinasi Wisata Baru yang Menawan

KLIKSAMARINDA – Taman Samarendah yang terletak di pusat Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), tengah menjalani proses transformasi besar-besaran. Wali Kota Samarinda, Andi Harun, membocorkan sejumlah rencana mengagumkan untuk menjadikan taman seluas 2,5 hektare ini sebagai destinasi wisata baru yang super menawan.

Dalam sebuah presentasi Redesain Taman Samarendah pada Jumat, 19 April 2024, Wali Kota Andi Harun mengungkapkan sejumlah perubahan yang akan dilakukan.

Salah satunya mengganti tower eksisting milik operator seluler menjadi restoran berputar 360 derajat yang mengusung konsep destinasi wisata baru.

“Jadi saya tadi meminta agar restonya bisa berputar 360 derajat bukan towernya yang berputar saat di restonya, jadi semacam destinasi wisata baru,” ujar Andi Harun.

Selain itu, Wali Kota Andi Harun juga menyatakan akan membongkar patung kuda yang ada saat ini karena dinilai kurang relevan dengan ciri khas Samarinda.

Sebagai gantinya, akan dipasang patung ikon baru yang lebih mencerminkan Kota Samarinda, yaitu pesut atau ikan duyung.

“Kemungkinan patung kudanya juga akan kita bongkar karena kurang relevan di Samarinda, seharusnya Samarinda ini ciri khasnya ikan pesut, bukan kuda,” imbuhnya.

Transformasi lain yang direncanakan adalah pembenahan akar pohon yang mengungkit keramik, penggantian penerangan, serta perubahan mencapai 50-60% dari kondisi eksisting. Namun, perombakan besar-besaran itu baru akan dilakukan pada tahun 2025.

“Kemudian lighting tidak selebat yang ada sekarang. Jadi kira-kira akan mengalami perubahan sekitar 50 sampai 60%, tapi itu baru tahun 2025,” ucap Andi Harun.

Taman Samarendah sendiri dibangun pada 2014 dengan total anggaran Rp23 miliar dan menjadi salah satu proyek unggulan Pemkot Samarinda. Dalam upaya transformasi, Pemkot juga melibatkan Dewan Lingkungan Hidup untuk memilih jenis pohon yang cocok ditanam.

“Taman Samarendah adalah bagian integral tata kota kami. Kami ingin memastikan setiap aspeknya direncanakan dengan baik, dari pohon yang ditanam hingga hiasan dan fasilitasnya,” pungkas Andi Harun.

Semua perubahan ini diharapkan dapat membuat Taman Samarendah benar-benar menjadi destinasi wisata baru yang instagramable dan memikat pengunjung untuk datang ke Samarinda. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status