NewsPemkot Samarinda

Rencana Pembenahan Citra Niaga Selatan, Pemkot Samarinda Bakal Evaluasi HGB Ruko

KLIKSAMARINDAPemerintah Kota Samarinda merencanakan untuk melakukan penataan ulang fasad ruko yang ada dan memperbaiki kanopi yang melewati batas di Kawasan Citra Niaga Selatan.

Hal ini disampaikan Wali Kota Samarinda Andi Harun saat melakukan peninjauan mendadak ke Citra Niaga Selatan pada Kamis 4 Januari 2024, sore. Menurutnya, peninjauan ini dilakukan untuk memastikan kawasan Citra Niaga Selatan juga mendapat perhatian dalam penataan kota.

“Saya ingin lihat kondisi di Niaga Selatan. Saya sudah tahu rencananya, tapi saya nilai perlu dibenahi, baik drainase, jalan, hingga penataan ulang ruko dan kanopi yang melewati batas,” kata Wali Kota Andi Harun di sela peninjauan kawasan Citra Niaga Selatan.

Dirinya berharap kawasan selatan bisa terkoneksi dengan Citra Niaga Utara yang tengah direvitalisasi. Oleh karena itu, perbaikan perlu dilakukan di Niaga Selatan.

“Kita berharap pagar dan kanopi yang mengganggu bisa dimundurkan agar penataan kawasan lancar,” ungkap Wali Kota Andi Harun.

Di sisi lain, Wali Kota Andi Harun meyakini kunjungan ke Citra Niaga Selatan bisa meningkat lebih dari 100% jika kawasan sudah tertata rapi 100%. Setelah rampung, pihaknya akan meratakan kawasan agar tidak ada tambahan yang mengganggu.

“Setelah selesai, kita akan ratakan agar tidak ada tambahan yang mengganggu keindahan kawasan,” imbuhnya.

Wali Kota Andi Harun juga menjelaskan ruko di Citra Niaga Selatan sebagian besar merupakan milik pemerintah dengan status Hak Guna Bangunan (HGB). Pemkot Samarinda, karena itu, akan mengevaluasi kelayakan perpanjangan HGB sesuai dukungan terhadap program pembangunan.

Sebagai tindak lanjutnya, Pemkot Samarinda akan menertibkan para pihak yang menyewakan secara tidak sah.

“Ada indikasi mereka menyewakan ke pihak ketiga, yang akan kita tertibkan. Kita ingin memberitahu bahwa hanya pemerintah yang boleh melakukan pemindahan hak,” tegas Wali Kota Andi Harun.

Saat ini, Pemkot Samarinda berkomitmen untuk menertibkan sekaligus mengembalikan fungsi kawasan. Setelah tertata rapi, imbuh Wali Kota Andi Harun, pihaknya akan menyosialisasikan program ini agar pedagang mendukung peningkatan kunjungan ke Citra Niaga.

“Kawasan akan kita benahi, baru kita sosialisasi agar pedagang mendukung program untuk tingkatkan kunjungan,” pungkas Andi.

Dengan penataan menyeluruh di Citra Niaga Selatan, diharapkan kawasan niaga utama Kota Samarinda ini bisa lebih tertata apik. Selain itu, konektivitas dengan Citra Niaga Utara yang tengah direvitalisasi juga akan semakin baik. Hal ini akan berdampak positif bagi peningkatan kunjungan wisatawan dan aktivitas ekonomi warga Kota Samarinda. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status