Clicky

Minggu, 24 Januari 2021

Quick Count Dua Kotak Kosong Kalah di Kaltim

 

KLIKSAMARINDA – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak di sejumlah wilayah di Kalimantan Timur (Kaltim) menyajikan pertarungan pasangan calon kepala daerah melawan kotak kosong. Antara lain di Balikpapan dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Di Balikpapan, pasangan tunggal calon walikota dan wakil walikota Balikpapan, Rahmad Masud-Thohari Aziz bertarung melawan kotak kosong. Pasangan petahana ini sementara mengungguli kotak kosong di Pilkada Balikpapan.

Pasangan calon tunggal yang diusung sembilan partai politik (parpol) itu unggul di atas 60 persen dari total suara yang sudak masuk mencapai 80 persen.

Point of View:  Kaltim Jadi Tuan Rumah Muktamar IX Zona Kalimantan

Sementara di Kukar, Bupati petahana Edi Darmansyah yang berpasangan dengan Rendy Solihin mengungguli Kotak Kosong dengan persentasi 74,9 persen-25,1 persen untuk kotak kosong. Jumlah tersebut merupakan hasil quick count (perhitungan cepat) yang dilakukan Tim Sukses Edi-Rendi, Rabu malam, 9 Desember 2020.

Koordinator Tim Data Paslon Edi Damansyah Rendi Solihin, Efendi Hariadi mengatakan kemenangan yang diapat oleh pasangan pertahana merupakan hasil hitung cepat yang dilakukan di 122 sample TPS.

“Metodologi quick Count yang mereka gunakan adalah Systematic Random Sampling dengan margin error kurang lebih 1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen” ujar Effendi.

Point of View:  KLB Covid-19 Kaltim Diperpanjang

Berdasarkan rumusan tersebut, diperlukan sample sebanyak 35.136 orang. Artinya, menurut Effendi Hariadi, angka tersebut setara dengan 122 TPS di Kabupaten Kutai Kartaneagra.

“Hasil quick count ini bukanlah hasil resmi perhitungan pilkada Kutai Kartanegara 2020, melainkan sebagai instrumen pembanding atau alat kontrol terjhadap hasil rekapitulasi suara yang akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Kutai Kartanegara,” tegas Effendy.

Edi Darmansyah mengaku bersyukur atas amanah yang diberikan masyarakat Kutai Kartanegara kepada mereka.

“Hasil Quick Count bukanlah hasil resmi perhitungan pilkada 2020. Namun ini sebagai instrumen pembanding atau alat control. Kami bersyukur kami meraih kemenangan,” ujar Edi Darmansyah saat mengumumkan kemenanganya versi perhitungan cepat di cafe Benaong, Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Point of View:  Pemkot Samarinda Kendalikan Kratom

Edi Damansyah tetap memberi apresiasi kepada pendukung kotak kosong yang mencapai 25,1 persen. Edi Damansyah mengajak agar warga kabupaten Kukar kembali bersatu untuk memajukan kabupaten Kutai Kartanegara.

“Saya harapkan setelah ini, yang kemarin berbeda pendangan maupun visi, bisa kembali bersatu dan untuk memajukan Kabupaten Kutai Kartanegara,” ujar Edi Darmansyah. (Jie)

DMCA.com Protection Status
error: Send us an email to kliksamarinda.com