EkbisPemkab Kutai Kartanegara

Potensi Besar Muara Badak Kukar dalam Industri Rumput Laut

KLIKSAMARINDAMuara Badak Kukar memiliki potensi besar industri rumput laut. Terutama dalam upaya peningkatan nilai tambah komoditas rumput laut melalui hilirisasi industri.

Di Muara Badak Kukar, adanya kebijakan hilirisasi industri rumput laut ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, menciptakan lapangan pekerjaan, dan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara saat ini telah menjadi contoh sukses dalam budidaya rumput laut dan siap untuk berperan aktif dalam pengembangan industri ini.

Di Muara Badak, rumput laut telah menjadi satu komoditas berlimpah di pesisir dengan potensi besar dan memiliki nilai tambah melalui hilirisasi industri.

Menurut Camat Muara Badak, Arpan, Kecamatan Muara Badak merupakan salah satu wilayah di Kutai Kartanegara yang telah aktif mengembangkan budidaya rumput laut, terutama jenis Gracilaria.
Arpan menyatakan, saat ini ada tiga desa di kecamatan ini yang telah sukses dalam produksi rumput laut, yaitu Desa Muara Badak Ulu, Desa Salo Palai, dan Desa Saliki.

Luas ideal lahan untuk budidaya rumput laut di Kecamatan Muara Badak mencapai sekitar 4000 hektar, dengan produksi sekitar 1200 hektar yang tersebar di tiga desa tersebut.

“Produksi rumput laut di Muara Badak saat ini mencapai sekitar 400 ton per bulan. Namun, jika lahan seluas 4000 hektar itu dimaksimalkan untuk budidaya rumput laut, kecamatan Muara Badak bisa memproduksi rumput laut kering di atas 1000 ton per bulan,” ungkap Arpan saat launching proyek perubahan pembangunan sentra industri kecil dan menengah rumput laut di Desa Muara Badak, Kecamatan Muara Badak, Sabtu 30 September 2023.

Arpan menambahkan, Pemerintah Kecamatan Muara Badak sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Launching Proyek Perubahan Pembangunan Sentra Industri Kecil dan Menengah Rumput Laut dengan program “MANTRA TRICILNENGAH LARUT” di wilayah mereka.

Dukungan ini mencakup upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani rumput laut dan mempercepat pembangunan pabrik pengolahan rumput laut.

Potensi Rumput Laut Kukar
Kutai Kartanegara terletak di pantai timur Kalimantan, dengan garis pantai yang panjang dan sumber daya laut yang melimpah. Salah satu komoditas unggulan di wilayah ini adalah rumput laut. Rumput laut tumbuh subur di perairan sekitar Kutai Kartanegara, dan ini menjadi fondasi potensial bagi pengembangan industri rumput laut.

Dengan adanya hilirisasi industri rumput laut, meningkatkan nilai tambah komoditas ini bukan hal mustahil. Langkah ini dapat membantu masyarakat pesisir, terutama nelayan budidaya dan petani rumput laut, meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan pengolahan dan diversifikasi produk rumput laut, nilai tambahnya akan meningkat, dan ini akan tercermin dalam pendapatan masyarakat.

Industri rumput laut berbasis agro memiliki potensi untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang signifikan bagi masyarakat setempat. Selain itu, pengembangan industri ini dapat memberikan kontribusi yang substansial bagi perekonomian Kutai Kartanegara secara keseluruhan. Semua ini dapat menghasilkan dampak positif dalam jangka panjang. (Adv/DiskominfoKukar)

Back to top button
DMCA.com Protection Status