Clicky

Pemuda Rampok Bank di Samarinda Karena Ekonomi Sulit di Masa Pandemi

KLIKSAMARINDA – Aksi kriminal upaya perampokan bank oleh seorang pemuda berinisial JP di Samarinda, Kalimantan Timur, mengungkap fakta dari pengakuan pelaku.

Dalam keterangan saat diperiksa polisi, JP mengaku dirinya telah mempersiapkan aksi perampokan itu. Targetnya adalah merampok di Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu, Jalan Hasan Basri.

JP mengaku telah belajar melalui tontonan Youtube sebelum melakukan perampokan di Bank Mandiri. Bahkan, JP mengaku menyiapkan segala sesuatu untuk menakuti korbannya sesuai dengan tontonannya itu.

JP juga mengakui bahwa aksinya berdasarkan kebutuhan untuk membayar utang. Di tengah pandemi Covid-19, JP mengaku kondisi ekonominya mengalami gangguan.

Tapi, JP memilih jalan pintas dengan merampok bank.

“Ada utang. Namanya dampak pandemi ini, kita kan susah. Mungkin bukan buat saya, mungkin buat orang lain. Bagi saya sendiri, mungkin ada dua pilihan. Yang baik sama yang buruk. Mungkin saya salah jalur memilih yang buruk,” ujar JP saat menjalani pemeriksaan di kantor polisi.

Upaya perampokan oleh JP ini berlangsung Jumat 21 Mei 2021. Warga RT 15 Jalan Lubuk Sawah, Kelurahan Mugirejo ini berupaya merampok Bank Mandiri di Jalan Hasan Basri Samarinda Utara.

Dalam aksi tersebut, pelaku membawa senjata mainan dan petasan untuk menakuti kasir.

Pelaku sempat mengancam kasir bank agar mau menyerahkan sejumlah uang. Namun, aksinya gagal. Pelaku akhirnya ditangkap dan mendekam dalam penjara.

Vice Presiden Bank Mandiri Cabang Samarinda, Pitra Dwi Yuniyanto mengatakan, upaya perampokan ini terjadi sekitar pukul 12.30 WITA. Saat itu, bank dalam kondisi sepi.

Menurut Pitra Dwi Yunianto, meski tidak mengalami kerugian, namun kejadian ini akan menjadi pelajaran bagi pihaknya.

Karena itu, pihaknya akan terus meningkatkan pengamanan di seluruh Kantor Cabang Bank Mandiri di Samarinda agar kejadian serupa tidak terulang.

“Ketika sholat Jumat, ada kejadian. Tapi alhamdulilah, tidak ada kerugian apapun. semuanya aman aman saja dan bisa diringkus oleh sekuriti kami dan juga dibantu oleh warga sama nasabah. Pelaku saat ini ditangani polisi,” ujar Pitra Dwi Yuniyanto. (Jie)

DMCA.com Protection Status