Peminat Vaksin di Samarinda Naik Jelang Bulan Puasa

KLIKSAMARINDA – Jumlah peminat vaksinasi booster Covid-19 di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) cenderung naik jelang memasuki bulan Ramadan. Satu wilayah yang mengalami peningkatan jumlah peserta vaksin adalah di Desa Loa Buah, Samarinda.

Dalam kegiatan vaksinasi di ruang serbaguna PT Kalamur Selasa pagi, 29 Maret 2022, peserta vaksin yang sebelumnya minim, mulai meningkat. Tidak hanya karyawan perusahaan kayu lapis, peserta juga berasal dari masyarakat sekitar.

Jumlah warga peminat vaksin pun melebihi kuota yang disediakan panitia. Beberapa warga mengaku sengaja mengikuti vaksin massal di perusahaan karena jelang bulan suci Ramadan. Warga mengaku berminat karena pemerintah pusat telah mengumumkan syarat mudik Lebaran 2022 dan beribadah di masjid jika sudah menerima vaksinasi booster.

Seorang warga bernama Masriatun dari Desa Loa Buah Kecamatan Sungai Kunjang mengaku ikut kembali disuntik vaksin karena ingin mendapatkan suntikan booster.

“Meski sakit, saya tetap divaksin booster,” ujar Masriatun singkat.

Perwakilan PT Kalamur, Agung, menerangkan pemberian vaksin tersebut adalah untuk memfasilitasi layanan vaksinasi 1/2/dan booster bagi karyawan maupun warga sekitar perusahaan.

Menurut Agung, pemberian vaksin ini merupakan pemberian vaksin kedua. Sebelumnya, pihak PT Kalamur juga pernah menggelar acara vaksinasi pertama pada Jumat pekan lalu.

“Kegiatan vaksinasi ini untuk memastikan karyawan PT Kalamur dan warga sekitar terkait program pemerintah. Apalagi ini nanti Ramadan. Nanti pas tarawih harus vaksin. Karena itu, ada 1200 vaksin termasuk vaksin pertama dua dan boster,” ujar Agung.

Lurah Loa Buah, HM. Ridzkani mengakui antusiasme warga ikut vaksinasi cukup besar. HM Ridzkani menyatakan, jelang bukan suci Ramadan, permintaan vaksin dari warga meningkat.

“Kami mempunyai 20 RT. Karena syarat bisa beribadah tarawih harus vaksin. Kami minta kepada warga untuk berbodong-bondong vaksin. Antusias. Hari ini ada 1200 dosis,” ujar HM Ridzkani.

Jenis vaksin dosis ketiga atau booster disediakan Dinkes Samarinda diberikan kepada warga merupakan vaksin pfizer dan astra zeneca. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status