Clicky

Pasukan TNI Gunakan Cara Unik Pengangkutan Material

KLIKSAMARINDA – Medan yang sulit ditempuh tak menyurutkan pasukan TNI dalam membantu pembangunan daerah. Terbutki ada cara unik untuk mengangkut material yang dilakukan Satuan Tugas atau Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 0912/Kubar.

Jajaran Satgas TMMF di Long Hubung, Wilayah Perbatasan Kodim 0912/Kubar, melakukan upaya inovatif untuk menyiasati medan yang sulit dalam pengangkutan material pasir dan semen.

Material tersebut akan digunakan untuk membangun pengecoran jalan pelabuhan Kecamatan Long Hubung, Kubar Kalimantan Timur sepanjang 670 meter dengan lebar 4 meter.

Hari ini sudah direncanakan bahwa material telah tiba di Dermaga Kecamatan Long Hubung. Material itu berupa semen sebanyak 250 sak dan pasir 150 karung dengan menggunakan kapal barang dari Dermaga Melak.

Setibanya di Dermaga Kecamatan Long Hubung, anggota Satgas TMMD ke-110 wilayah perbatasan dengan sigap mengangkat semen dan pasir yang berada di kapal angkut dengan bebekal peralatan yang ada.

Dan SST I, Letda Inf Rio Mendung menyatakan, medan yang terjal dan susah untuk dilewati menjadi kendala bagi anggota Satgas TMMD Kodim 0912/Kubar.

“Namun kami tidak kalah akal untuk mensiasati kendala tersebut. Dengan menggunakan motor yang sudah di modif menjadi alat tarik pasir untuk mendorong pasir ke atas. Cara unik kami ini mempermudah kami untuk pengangkatan pasir. Dan arko yang kami desain menjadi alat angkut yang ringan,” ujar Letda Inf Rio Mendung melalui rilis Penrem, 3 Maret 2021.

Letda Inf Rio Mendung menyatakan semua semen dan pasir dapat terangkat dengan mudah.

Program TMMD di Kubar ini sudah menginjak hari ke-2 setelah pembukaan di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahulu. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status