Culinary

Menikmati Palumara Ikan Bandeng di Pantai Panrita Lopi Muara Badak Kukar

KLIKSAMARINDA – Pantai Panrita Lopi di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menyimpan pesona alam serta kuliner laut yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah palumara ikan bandeng, kuliner khas Makassar, Sulawesi Selatan.

Palumara di Pantai Panrita Lopi memiliki kuah gurih, segar, dan pedas. Kuliner Palumara tampil mirip dengan pindang bandeng. Umumnya menggunakan ikan bandeng atau kakap segar yang diproses langsung oleh juru masak di restoran Pantai Pantrita Lopi.

Asty, juru masak di restoran Pantai Panrita Lopi mengatakan pengunjung bisa memesan palumara kapan saja karena bahan selalu tersedia.

“Palumara Ikan Bandeng memang merupakan menu andalan Panrita Lopi, dan banyak yang suka. Umumnya mereka memesan baru kita buatkan, dan mereka senang karena memang ikan yang diolah merupakan ikan segar dari nelayan langsung,” kata Asty.

Selain membeli, pengunjung juga bisa memasak sendiri dengan meminjam peralatan yang disediakan.

“Pengunjung bisa pesan kapan saja. Kami siap memproses pesanan dengan ikan segar dari nelayan. Jika ingin masak sendiri, kami menyediakan bahan dan peralatan masak yang bisa dipinjam,” jelas Asty.

Harga palumara ikan bandeng di restoran itu cukup terjangkau, yakni Rp25.000 per porsi sudah dengan nasi. Sementara minuman seperti es teh dan es jeruk dijual Rp5.000 per gelas.

Budi, pengunjung asal Tenggarong Kutai Kartanegara mengaku baru pertama kali menikmati palumara. Ia sangat menyukai cita rasa khasnya serta bisa menikmati di pantai Pantrita Lupi yang indah.

“Pertama kali merasakan palumara apalagi menikmati suasana pantai yang sangat teduh, asri. Panrita Lopi enak segar dan ikanya sangat lezat,” kata Budi singkat.

Hal senada disampaikan Suryadi, pengunjung lain dari Tenggarong. Ia mengaku palumara di Pantrita Lupi terasa seperti masakan Thailand populer, yaitu tomyam.

“Ini sangat terasa dan pas sekali. Kalau ini saya teringat dengan masakan Thailand yang namanya tomyam. Mungkin agak mirip-mirip dengan tomyam. Ada sedikit memang beda rasanya dan ini memang kesukaan saya dari dulu memang kesukaan saya,” ujar Suryadi.

Selain palumara ikan bandeng, restoran di pantai ini juga menyediakan aneka seafood lainnya. Suasana pantai yang indah menghadap Laut Sulawesi, ditambah fasilitas untuk menginap menggunakan tenda, semakin memanjakan para pengunjung. (Suriyatman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status