News

Memaknai Sumpah Pemuda, Wali Kota Samarinda: Tantangan Bangsa Sudah Berbeda

KLIKSAMARINDAWali Kota Samarinda, Andi Harun, memaknai Hari Sumpah Pemuda sebagai sebuah semangat dan sikap pantang menyerah terhadap tantangan yang dihadapi oleh bangsa.

Sumpah Pemuda rutin diperingati setiap tahun pada tanggal 28 Oktober. Memaknai mementum Sumpah Pemuda tahun 2022, Wali Kota Andi Harun, menyampaikan sejumlah pernyataan.

Belajar dari sejarah bangsa ini, Wali Kota Andi Harun mengatakan, bangsa ini mampu merdeka dan bertahan dengan persatuan dan rasa kecintaan pada tanah air.

“Bahwa dengan kekuatan peralatan dan dukungan yangs angat terbatas, tapi berkat persatuan, nasionalisme, cinta tanah air, yang begitu tinggi mengobarkan jiwa heroik para pemuda dari seluruh Nusantara ketika itu,” ujar Wali Kota Andi Harun, Jumat 28 Oktober 2022.

Saat ini, menurut Wali Kota Andi Harun, tantangannya berbeda dengan tantangan para pendahulu bangsa ini. Tantangan hari ini antara lain adalah gejolak inflasi mulai menggoyangkan perekonomian.

Namun, Wali Kota Andi Harun optimis dengan tetap menjaga kesatuan melalui gotong royong, Indonesia mampu melalui krisis energi dan inflasi.

“Sehingga api persatuan itu yang tidak boleh padam di antara kita, harus terus tumbuh,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Karena itu, Wali Kota Andi Harun meminta seluruh anak bangsa agar tidak mengkhianati para pendahulu bangsa dengan bentuk pengkhianatan apapun.

“Kita harus melaksanakan estafet kepemimpinan yang telah dipelopori oleh para pemuda sehingga kita bisa terus memberi kontribusi yang positif dan konkret pada pembangunan bangsa dan negara di era kemerdekaan ini,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun menegaskan apapun perbedaan yang ada, dari segi agama dari suku, bangsa, ras, etnis, dan bahasa, atau mungkin perbedaan dalam dimensi sosial yang lain.

“Masyarakat harus bersatu dalam pandangan dan sikap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Wali Kota Andi Harun. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status