News

LSP UNS Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Selam Wisata di Malahing Bontang

KLIKSAMARINDA – Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) menggelar pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi pemandu selam wisata secara gratis bagi warga Kampung Malahing, pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam melayani wisatawan yang tertarik untuk menyelam di kawasan wisata bahari Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim).

“Program ini merupakan bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat dan juga untuk mendukung pengembangan pariwisata di Malahing,” ujar Prof. Purwanto, Manajer Sertifikasi LSP UNS.

Pelatihan ini mencakup dua sesi utama, yakni teori dan praktik. Pada sesi teori, delapan peserta diajarkan tentang aspek keselamatan dan keamanan dalam menyelam, pengetahuan tentang biota laut, serta teknik pemandu wisata selam.

Pada sesi praktik, peserta diuji kemampuannya dalam melakukan penyelaman sekaligus memandu wisatawan dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan kerja.

“Pemerintah Kota Bontang turut mendukung program ini dengan meminjamkan alat-alat selam kepada peserta,” tambah Prof. Purwanto.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Malahing, Mexi, menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap bahwa dengan adanya sertifikasi ini, para pemandu selam dari Malahing dapat meningkatkan layanan kepada wisatawan dan membantu mengembangkan pariwisata bahari di Bontang.

“Bersyukur, semua peserta telah lulus dalam uji kompetensi pemandu selam wisata. Sertifikasi ini akan menjadi jaminan mutu layanan kepariwisataan di Malahing,” ujar Mexi dengan antusias.

Pokdarwis Malahing optimis bahwa industri pariwisata memiliki prospek yang cerah, terutama dengan peluang keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang semakin mendekat.

“Hal ini mendorong warga Kampung Malahing untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada wisatawan yang datang berkunjung,” tuturnya.

Pelatihan dan sertifikasi seperti ini tidak hanya memberikan keahlian baru kepada masyarakat setempat, tetapi juga meningkatkan daya tarik destinasi wisata bahari Bontang secara keseluruhan.

“Dengan pemandu selam yang terlatih dengan baik, wisatawan dapat merasakan pengalaman menyelam yang aman dan mendalam di perairan yang kaya akan keindahan alam bawah lautnya,” ucapnya. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status