Clicky

Kampus UINSI Samarinda Mulai PTMT

KLIKSAMARINDA – Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Kalimantan Timur, mulai menggelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) perdana per 1 November 2021. PTMT UINSI Samarinda dilaksanakan di 2 Kampus.

Kampus I untuk mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) dan Program Pascasarjana (PPs) di Jalan Abul Hasan, sedangkan Kampus II untuk mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan Fakultas Syariah (FASYA) di Jalan HAM. Rifaddin.

Sebelum melakukan perkuliahan, mahasiswa melakukan pemeriksaan suhu badan, gunakan hand sanitizer, dan masker. PTM di dalam kelas pun tetap menjaga jarak

PTM ini berlaku bagi mahassiwa semester I, III, dan V Program Sarjana. Untuk mahasiswa Program Magister dan Doktor, program pembelajaran tetap full offline. Sebelumnya, sejak 2 tahun terakhir, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda melakukan pembelajaran daring akibat PPKM Pandemi Covid-19.

Menurut Rektor UINSI, Prof. Dr. Mukhamad Ilyasin, M.Pd., PTM ini digelar sebagai bentuk tindak lanjut Surat Edaran Dirjen Pendidikan Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 2721 tentang Penyelenggaraan Perkuliahan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Akademik 2021/2022 Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19, Surat Nomor 360 dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Samarinda tentang Rekomendasi menggelar kegiatan di masa pandemi Covid-19, hingga kemudian terbit Surat Edaran Rektor Nomor: B-4530/In.18/1/PP.00.9/10/2021 tentang Ketentuan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022.

Rektor bersama Wakil Rektor dan para Dekan memastikan kesiapan UINSI Samarinda dalam melakukan pembalajaran tatap muka, dari fasilitas pembelajaran hingga peralatan penunjang protokol kesehatan, seperti wastafel, hand sanitizer, dan termometer.

“Alhamdulillah, hari ini sudah bisa menyelenggarakan pembelajaran tatap muka kembali. Bersyukur, bangga, seluruh stakeholder lembaga UINSI Samarinda bisa bekerjasama dan sama-sama bekerja untuk menggelar PTM. Semoga kita bisa memberikan performa yang terbaik dan semakin ditingkatkan lagi di masa-masa yang akan datang,” ujar Rektor ketika menyambut mahasiswa di setiap Fakultas bersama Dekan dan Wakil Dekan, Senin 1 November 2021.

Rektor Mukhamad Ilyasin menambahkan UINSI akan secara bertahap melakukan perkuliahan offline full.

“Setelah kita melihat berbagai kesiapan di Kampus, kita kemudian semakin yakin bahwa dalam waktu dekat kita melakukan pelayanan offline seratus persen,” ujar Mukhamad Ilyasin.

Sementara itu, di Kampus I Wakil Dekan III Bunyamin, Lc., M.Ag. mengatakan bahwa PTMT ini sebagai jembatan Dosen untuk mengembangkan akhlak dan etika mahasiswa secara langsung.

“Akibat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam waktu yang tidak sebentar ini, tidak sedikit mahasiswa yang mengalami penurunan kemampuan dalam memahami materi. Sehingga PTMT hari ini dan selanjutnya akan memberikan ruang yang lebih bagi Dosen untuk membina dan mendidik mahasiswa tidak hanya pada akademiknya saja tetapi juga akhlak dan etika dalam bersikap antara sesama Dosen dengan mahasiswa,” ujar Bunyamin. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com