Fokus News

Kaltim Waspada Demam Berdarah di Tengah Wabah Corona, Antisipasi dengan 3M Plus

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi Muhammad Ishak

KLIKSAMARINDA – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi Muhammad Ishak mengingatkan ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD) ditengah pandemi Covid 19 di Kaltim. Pasalnya, Kalimantan Timur (Kaltim) memasuki musim penghujan.
Masyarakat diminta waspada terhadap munculnya salah satu penyakit berbahaya seiring datangnya musim.

“Penyakit lain yang selalu muncul setiap tahun adalah demam berdarah dengue. Untuk itu, ketika saat ini kita sedang berada di rumah, maka tetaplah menjaga kebersihan lingkungan. Bersihkan genangan-genangan air, selalu pel lantai dengan disinfektan. Terpenting laksanakan 3M Plus,” kata Andi Ishak saat memberikan keterangan pers kepada media secara daring, Sabtu 11 April 2020.

Andi menjelaskan 3M Plus yaitu menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air. Memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas tempat perkembangbiakan nyamuk.

KLIK JUGA:  Pantai Monpera Balikpapan Terpapar Limbah

Pencegahan lain, menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.

Selain itu, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, dan menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

Kondisi pandemi corona saat ini, jangan sampai masyarakat ada yang terjangkit DBD. Karena fasilitas dan tenaga medis sedang berjuang dalam penanganan Covid-19.

“Melalui 3M Plus, masyarakat secara tidak langsung membantu pemerintah dalam pencegahan penularan penyakit demam berdarah,” ujar Andi M Ishak. (*)

Lewat ke baris perkakas