Clicky

Ini Kata Wakil Rakyat Dapil Kaltim Soal Calon Kapolri

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Safaruddin

KLIKSAMARINDA – Safaruddin, anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan asal daerah pemilihan Kalimantan Timur, memberikan apresiasi kepada calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia atau Kapolri, Komjen. Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo.

Usai mendengarkan makalah dalam fit and proper test calon Kapolri Komjen. Pol. Listyo Sigit Prabowo di hadapan Komisi III DPR. Eks Kapolda Kaltim ini menyatakan bahwa Komjen. Pol. Listyo Sigit Prabowo merupakan calon Kapolri milenial yang keren.

“Pertama saya berikan apresiasi. Kalau saya lihat bahan fit proper test ini luar biasa, memberikan gambaran calon Kapolri era digital. Bapak calon Kapolri milenial yang kita sudah memasuki era milenial. Kalau bahasanya keren, Bapak calon Kapolri keren,” ujar Safaruddin saat kegiatan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan Komisi III DPR RI bagi Calon Kapolri, Rabu 20 Januari 2021.

Selain memberikan apresiasi, Safarudiin juga menyampaikan sejumlah pertanyaan. Antara lain, kesiapan polisi di Indoneia dalam menghadapi era digital.

”Bagaimana pengawasannya,” tanya Safaruddin.

”Bapak mau start dari mana, kultur Polri itu sepeti apa, mohon penjelasan,” ujar Safaruddin.

Dalam jawabannya, Komjen. Pol. Listyo Sigit Prabowo bahwa Polri ke depan harus mengubah cara-cara merekrut yang tadi ada afirmatif dan juga pencarian bakat-bakal khusus.

“Artinya terhadap masyarakat yang ingin mau jadi polisi dia punya IQ (cerdas) tapi agak kurang, karena dia pakai kacamata, lari tidak terlalu kencang akan jadi perhatian khusus,” Komjen. Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu, Komjen Sigit juga mengajukan usul agar membangun sistem terintegrasi antara sistem kemanan mayaakat dengn kepolisian. Pemanfaatan teknologi juga akan dikembangkannya dalam penanganan kejahatan jalanan dan konvensional lainnya.

“Mudah-mudahan dengan cara ini akan bisa mempercepat sekaligus kita memiliki peta jaringan. Misal (pelaku) yang tertangkap oleh CCTV yang terkoneksi dengan kota-kota muncul identitas alamat dan sebagainya, akan memudahkan kita lakukan penangkapan,”ujar Komjen. Pol. Listyo Sigit Prabowo. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status