HUT Divisi Humas Polri ke-69 Tahun, Ini Pesan Kapolri | KLIK SAMARINDA
News

HUT Divisi Humas Polri ke-69 Tahun, Ini Pesan Kapolri

Kapolri Idham Aziz

KLIKSAMARINDA – Humas Polri resmi dibentuk pada 30 Oktober 1951. Pada 30 Oktober 2020, Divisi Humas Polri berusia 69 tahun. Humas Polri secara resmi terlahir dengan sebutan nama Dispenpol (Dinas Penerangan Polri) pada tanggal 30 Oktober 1951.

Hal ini berdasarkan Order Kepolisian Negara Pertama Jenderal R.S Soekanto (Kepala Jawatan Kepolisian Indonesia Pusat) tanggal 30 Oktober 1951 No. 65/IV.1951.

Pada tahun 2001, Dispenpol berganti nama menjadi Puspenpol (Pusat Penerangan Polri). Kemudian pada tahun 2002 berganti menjadi Badan Humas Polri. Pada tahun 2005, Badan Humas Polri pun berganti nama menjadi Divisi Humas Polri sampai dengan sekarang.

FYI, Divisi Humas Polri itu terdiri dari 3 Biro di dalamnya. Ketiga Biro itu antara lain:
1. Biro Penerangan Masyarakat (Biro Penmas)
2. Biro Pengelolaan Informasi dan Data (Biro PID)
3. Biro Multimedia

Divisi Humas Polri itu dipimpin oleh seorang Perwira Tinggi Polri berpangkat Inspektur Jenderal Polisi loh Sobat Polri. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri (Kadiv Humas Polri) pada tahun 2020 dijabat oleh Inspektur Jenderal Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, S.I.K., M.Si.

Pada HUT Divisi Humas Polri ke-69 tahun, Kapolri Idham Aziz menyampaikan sejumlah amanat. Antara lain, divisi Humas Polri harus obyektif, terpercaya, dan partisipatif dalam menyampaikan informasi.

Selalu menjadi Sumber Informasi cepat, selalu obyektif dan terpercaya, serta selalu partisipatif dalam setiap momentum guna mendukung kamtibmas yang aman dan kondusif,” ujar Kapolri Idham Aziz melalui video siaran persnya, Jumat 30 Oktober 2020.

Point of View:  Bupati Muharram Positif Covid19, PNS Berau WFH

Sebagai informasi tambahan, pada HUT Humas Polri yang ke-69 ini, dikeluarkan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/2104/X/2020 tentang Tanda Korps Kesatuan Humas Polri. Kesatuan Humas Polri memiliki lambang yang terdiri dari beberapa aspek.

Tanda Korps Kesatuan Humas Polri ini:
1. Tiga buah bintang segi lima berwarna emas
2. Lingkaran dalam berwarna merah putih
3. Lidah api berwarna merah
4. Satu obor, 7 sinar obor berwarna oranye
5. Enam sinar api berwarna kuning
6. Lingkaran bola dunia berwarna biru laut
7. Garis tengah berwarna hitam
8. Obor berwarna putih
9. Tameng berwarna hitam
10. Tulisan “HUMAS POLRI” berwarna kuning
11. Pita kuning keemasan
12. 30.10.1951 Kuning keemasan
13. Lingkaran luar kuning keemasan dan palang

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status