News

Gerakan Millenial Dukung AGM Pimpin IKN

KLIKSAMARINDA – Proses pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) terus menjadi perhatian pemerintah pusat. Beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan sedang mencari sosok yang dianggap tepat untuk memimpin Badan Otorita IKN.

Merespon hal tersebut, Gerakan Millenial Indonesia (GMI) Kalimantan Timur (Kaltim) akan mendorong nama Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas’ud, kepada Presiden Jokowi agar menjadi Kepala Badan Otorita IKN.

Sulthan, Ketua OKK Gerakan Millenial Indonesia (GMI) Kaltim menyampaikan beberapa alasan mengapa AGM layak dan pantas untuk memimpin Badan Otorita IKN.

“Pertama, Abdul Gafur Mas’ud adalah pemimpin dimana wilayah IKN berada. Hal tersebut tentu menjadi faktor pertimbangan yang sangat fundamental. Kondisi geografis serta sosiologis masyarakat wilayah IKN tentu sudah dipahami dengan sangat baik oleh Bupati muda tersebut,” ujar Sulthan melalui rilis kepada KlikSamarinda.

Kedua, imbuh Sulthan, sosok AGM adalah representasi dari wajah tokoh lokal. Keberadaan dan keterlibatan tokoh lokal dalam Badan Otorita IKN juga adalah hal yang sangat harus dipertimbangkan.

“Sebab pemahaman akan perilaku masyarakat, budaya lokal serta hal-hal lain yang terkait menjadi titik penting. Jangan sampai ada friksi-friksi dan konflik yang terjadi ditengah-tengah masyarakat karena ketidaktahuan akan hal tersebut,” ujar Sulthan.

Ketiga, AGM adalah representasi dari kaum milenial. Bonus demografi yang sedang melanda Indonesia serta pemindahan IKN yang membutuhkan sosok pemimpin yang energik; memiliki kemampuan mobilitas yang tinggi merupakan hal yang juga patut menjadi pertimbangan.

“Sosok AGM mewakili hal tersebut,” tandas Sulthan.

Tiga poin di atas menjadi pertimbangan GMI Kaltim mendorong nama AGM untuk memimpin Badan Otorita IKN. Kapasitas dan kapabilitas yang beliau miliki memenuhi syarat. AGM layak didorong dan diperjuangkan untuk memimpin Badan Otorita IKN. (*)