Fokus News

Empat Anak Buah Kapal Dari Tanjung Santan Yang Sandar di Balikpapan Positif Covid-19

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak

KLIKSAMARINDA – Penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) terus terjadi. Per 13 Mei 2020, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim menyebutkan ada 2 kasus positif Covid-19.

Keduabya berasal dari Balikpapan. Dari dua kasus ini, pasien pertama adalah BPN 44 (Laki-laki 60 tahun) merupakan PDP kontak erat dengan BPN 22 sebagai pelaku perjalanan dari Jakarta yang memiliki keluhan Batuk, sakit tenggorokan, dan memiliki gambaran pneumonia Bilateral. Kasus dirawat di ST DR R Hardjanto Balikpapan.

Pasien kedua adalah pasien dari kluster baru, yaitu kluster anak buah kapal nonpenumpang. Pasien yaitu BPN 45 (Laki-laki 27 tahun) merupakan PDP dari kluster anak buah kapal, kontak erat dengan BPN 36, BPN 37, dan BPN 42 dengan hasil Rapid Test reaktif. Kasus dirawat di RSUD Beriman Balikpapan sejak 8 mei 202

Pasien ini terkonfirmasi positif berdasarkan hasil Laboratorium Kesehatan Surabaya dan merupakan rekan kerja dari 3 pasien anak buah kapal lainnya yang sudah terkonfirmasi positif sebelumnya.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak melalui aplikasi Zoom Rabu 13 Mei 2020 mengatakan penambahan dua kasus baru, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada di Balikpapan.

“Salah satu yang terkonfirmasi positif hari ini adalah BPN 45 Laki-laki 27 tahun yang merupakan kontak erat dengan BPN 36, BPN 37, dan BPN 42 dengan hasil rapid test Reaktif. BPN 45 merupakan PDP dari kluster anak buah kapal. Pasien telah dirawat di RSUD Beriman Balikpapan sejak 8 mei 2020,” ujar Andi Muhammad Ishak.

Menurut Andi, kapal yang membawa ABK terkonfirmasi positif corona ini, pada 17 April 2020 bersandar di Balikpapan setelah sebelumnya berlayar dari Tanjung Santan. Kemudian 6 Mei 2020 menjalani Rapid Test dan mereka menunjukkan hasil reaktif. Pada 12 Mei 2020, dinyatakan BBLK Surabaya terkonfirmasi Covid-19.

Sementara itu kasus pelaku perjalanan dari Jakarta, yaitu BPN 44 Laki-laki 60 tahun merupakan kontak erat dengan BPN 22 sebagai pelaku perjalanan dari Jakarta yang memiliki keluhan Batuk, sakit tenggorokan, dan memiliki gambaran pneumonia Bilateral. Kasus dirawat di RST DR R Hardjanto Balikpapan.

Penambahan dua kasus terkonfirmasi positif hari ini membuat jumlah pasien positif Covid-19 di Balikpapan menjadi 45 pasien dan di Kaltim menjadi 230 pasien. (Jie)