DPKD Kaltim Musnahkan Puluhan Ribu Arsip Eks Biro Keuangan

KLIKSAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim melakukan pemusnahan puluhan ribu arsip ex Biro Keuangan Sekdaprov Kaltim pada BPKAD Provinsi Kaltim. Pemusnahan puluhan ribu arsip ex Biro Keuangan pada BPKAD Kaltim kurun waktu 2005 (6.426 arsip) hingga 2006 (6.221 arsip), menggunakan dua alat mesin pencacah kertas.

Pemusnahan dipimpin Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim, Elto mewakili Gubernur Kaltim, didampingi Deputi Bidang informasi dan pengembangan sistem kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Dr Andi Kasman di Gedung Arsip Jalan Bung Tomo Samarinda Seberang, Kamis 26 November 2020.

Elto menyambut baik dan menapresiasi BPKAD Kaltim yang telah memusnahkan arsip ex Biro Keuangan Sekdaprov Kaltim dalam kurun waktu 2005-2006 sebanyak 12.647 bekas berdasarkan tujuan Arsip Nasional Republik Indonesia tanggal 17 Maret 2020.

“Perangkat daerah lain segera mengikuti jejak positif BPKAD untuk pemusnahan arsip dan menyerahkan arsip yang masih bernilai statis ke DPKD,” ujar Elto.

Elto mengimbau dan mengajak agar pengelolaan arsip dilakukan dengan baik untuk kelancaran kerja organisasi.

“Arsip yang baik adalah mudah didapat dan bisa menjadi bukti apabila ada permasalahan hukum. Sekaligus pijakan dalam rencana kebijakan pimpinan, disamping sebagai catatan sejarah generasi mendatang,” tandasnya.

Elto menambahkan, pengarsipan pada setiap perangkat daerah hendaknya dikelola, diatur dan dikendalikan sebagai data dan informasi harus disimpan menurut sistem tertentu.

“Semua pengolah harus bertanggung jawab dan jika suatu saat ingin dicari maka akan mudah ditemukan, secara langsung memperlancar urusan pekerjaan,” ujar Elto. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com