News

Dialog Inspiratif Sekretaris DPRD Kota Samarinda Buka Wawasan Mahasiswa Tentang Peran Legislatif dan Eksekutif

KLIKSAMARINDA – Dalam upaya meningkatkan pemahaman publik tentang peran dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Sekretaris DPRD Kota Samarinda, Agus Tri Susanto, menggelar dialog interaktif dengan mahasiswa pada Jumat 21 Juni 2024, malam.

Acara yang berlangsung di Setiap Hari Coffee, Jalan Juanda, ini menjadi ajang pertukaran ide dan edukasi tentang batasan kewenangan antara lembaga politik dan birokrasi.

Dialog yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Samarinda, serta beberapa perwakilan media lokal.

Suasana café yang nyaman dan santai menciptakan atmosfer diskusi yang lebih terbuka dan dinamis, memungkinkan para peserta untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis tanpa rasa canggung.

Agus Tri Susanto membuka dialog dengan memaparkan latar belakang diadakannya acara tersebut.

“Seringkali terjadi miskomunikasi antara masyarakat, termasuk mahasiswa dan media, dengan lembaga legislatif seperti DPRD. Banyak yang datang kepada kami dengan pertanyaan atau tuntutan yang sebenarnya bukan berada dalam domain kewenangan kami,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agus menekankan pentingnya pemahaman yang tepat tentang peran DPRD dalam sistem pemerintahan daerah.

“DPRD dan birokrasi memiliki peran yang berbeda namun saling mendukung dalam mengelola pemerintahan daerah. Kami ingin mahasiswa dan masyarakat pada umumnya memahami hal ini agar dapat berpartisipasi lebih efektif dalam proses demokrasi lokal,” tambahnya.

Sepanjang acara, para mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada Agus.

Berbagai topik dibahas, mulai dari proses legislasi daerah, fungsi pengawasan DPRD, hingga mekanisme penyerapan aspirasi masyarakat.

Mahasiswa menyampaikan keinginan mereka untuk lebih terlibat dalam proses pengambilan keputusan yang lebih transparan dan inklusif mereka juga menyoroti pentingnya inovasi dan kreativitas dalam menghadapi tantangan zaman.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut, Agus menjelaskan berbagai program dan inisiatif yang telah dan akan dilakukan DPRD Kota Samarinda.

“Saya sangat bersyukur atas antusiasme dan pertanyaan yang diajukan malam ini. Ini menunjukkan bahwa mahasiswa tidak hanya ingin tahu, tetapi juga siap berkontribusi secara aktif dalam pembangunan Kota Samarinda,” tuturnya.

Dialog yang berlangsung hingga larut malam ini juga membahas isu-isu aktual di Kota Samarinda.

Di akhir acara, Agus menegaskan komitmen DPRD Kota Samarinda untuk terus menjalin komunikasi yang lebih erat dengan berbagai elemen masyarakat, terutama kalangan muda.

“Seandainya kami bisa berdiskusi lebih banyak dengan mahasiswa, kami yakin akan banyak ide-ide baru yang dapat membawa pemerintahan kita ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Kegiatan ini dapat menjadi contoh dalam upaya meningkatkan kualitas demokrasi lokal dan partisipasi publik dalam pemerintahan. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status