Clicky

Bupati Paser Optimis Bangun Bandara Tanpa APBD

KLIKSAMARINDA – Bupati Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Fahmi Fadli menyatakan optimisme terhadap rencana pembangunan bandar udara (bandara di Kabupaten Paser. Menurut Bupati Fahmi Fadli, pembangunan bandara ini akan dilakukan tanpa menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Paser.

“Perlu diketahui masyarakat, bahwa pembangunan bandara ini tidak menggunakan APBD tapi APBN,” ujar Bupati Fahmi Fadli, Kamis, 10 Juni 2021, saat meninjau lokasi Bandara yang saat ini kondisinya cukup memprihatinkan.

Menurut Bupati Fahmi Fadli, rencana pembangunan bandara akan berlokasi di Desa Rantau Panjang.

Ia menjelaskan bahwa pendanaan tidak menggunakan sumber dana dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) namun murni dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara).

“Karena tanggung jawab kita sudah selesai ketika proses hibah selesai”, ujar Bupati Fahmi.

Didampingi Kepala Dinas Perhubungan Inayatullah menambahkan bahwa ini telah sesuai undang-undang.

“Sesuai kewenangan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 kewenangan untuk pembangunan dan operasional bandara tidak lagi ditangani oleh pemerintah daerah namun ditangani oleh pemerintah pusat. Makanya kelanjutannya pembangunan kita serahkan kepada pemerintah pusat dengan terlebih dahulu kita hibahkan,” ujar Bupati Fahmi.

Saat meninjau lokasi, selain Inayatullah, Bupati Fahmi juga disertai Ketua DPRD Kabupaten Paser, Hendra Wahyudi, Kepala Syahbandar Tana Paser, Rahman dan sejumlah pejabat lainnya.

Pembangunan Bandara di Paser ini sudah masuk pada rencana induk pembanguna Bandara Nasional. Pembangunan bandara ini sempat terhenti di Kabupaten Paser pada tahun 2020 karena pandemi. Penyusun kajian teknis bandara yang dilakukan pihak Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Dinas Perhubungan Kabupaten Paser telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Dirjen Perhubungan Udara. Rencananya,akan ada rencana MoU terkait NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah).

Pembangunan bandara di Paser akan terkoneksi dengan bandara yang sudah ada seperti Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan atau Bandara APT Pranoto di Samarida, sebagai alat transportasi di wilayah IKN. (*).

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com