Ragam

Borneo Voices by Borneo Pride Kolaborasi Musisi Kalimantan di Tengah Pandemi: “Berkumpul Kembali”

Borneo Voice

Tahun 2020 diawali dengan banyak hal tidak baik, dimulai dari isu perang dunia III, meninggalnya beberapa tokoh ternama dunia dan tanah air, hingga pandemic oleh virus bernama Covid-19. Berita buruk yang terakhir akhirnya memaksa mayoritas dari kita untuk #dirumahaja, alias terbatas dalam melakukan aktivitas di tempat terbuka, mulai dari bekerja, hingga melakukan hal apapun, semua sebisa mungkin dilakukan dari rumah saja.

Energi kreatif kawula muda di Kalimantan Timur (Kaltim) memang tak pernah surut. Karya-karya kreatif di tengah pandemi pun terus bermunculan meski dalam kondisi yang tak lumrah.

Ya, para pelaku seni dan khususnya musisi. Mereka kehilangan rutinitas manggung yang oleh sebagian musisi dijadikan sebagai media relaksasi, dan sebagian lainnya menjadikan panggung sebagai tempat dimana mereka menghasilkan uang.

Di tengah masa yang tidak menentu ini “Borneo Pride” membuat sebuah project kolaborasi bernama “Borneo Voices”. Project ini sendiri menghasilkan sebuah lagu yang berjudul “Berkumpul Kembali”.

Lagu ini diciptakan oleh Jondry Rusady Irwando yang merupakan gitaris dari band “Davy Jones”.

“Proses penciptaan lagunya ga ribet sih, saya menyelesaikan lagu ini dalam waktu kurang dari 4 jam, karena lagu ini bercerita tentang apa yang saya rasakan ketika ruang gerak saya terbatas seperti yang kita alami hari ini , dan mungkin sebagian besar orang – orang yang lagi dalam masa swakarantina ini juga ngerasain hal yang sama dengan saya” ujar Jondry menceritakan proses penciptaan lagu “Berkumpul Kembali” ujarnya.

Music Video dari lagu ini nantinya akan bekerja sama dengan Christian Suwandi sebagai Creative Director. Galih sebagai orang yang ada di balik project ini memiliki cerita.

“Saya ingin membuat kenangan yang bagus disaat masa pandemic Covid-19, berupa sebuah lagu yang
dinyanyikan oleh musisi-musisi yang ada di Kalimantan. Saya langsung saja menghubungi teman-teman musisi diantaranya: Irine Sugiarto (Soloist) Novi Umar (Song Writter) Elinda El Zara (Aphrodite Project ) Afif (Brotherhood) yang berasal dari kota Samarinda, Dede Rukka (Balikpapan), Akbar haka (Kapital,Tenggarong), Way rejected (Pontianak), Kemal (Ridesea, Palangkaraya) dan Higgs (Banjarmasin) untuk bergabung mengisi suara vocal di lagu “Berkumpul Kembali”.

Semoga lagu ini dapat menjadi penyemangat bagi kita semua, baik yang sedang #dirumahaja atau tetap harus keluar untuk bekerja. Percayalah bahwa hitam kan pergi, Surya kan bersinar lebih terang, hingga ribuan kaki dapat berlari kembali. (*)