News

Bayi Orangutan Telantar Diselamatkan Warga Kutim

KLIKSAMARINDAWarga Bengalon, Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim) menyelamatkan seekor bayi orangutan di kawasan hutan sekitar Poros Bengalon-Muara Wahau KM 85-93, Kuttim.

Oleh warga, bayi orangutan bayi orangutan jantan tersebut diserahkan kepada aparat Kodim 0909/Sangatta. Kemudian, bayi orangutan itu diserahkan kepada Balai Konservasi Sumbar Daya Alam (BKSDA) untuk ditempatkan di kawasan konservasi orangutan Samboja, Kukar.

Babinsa Koramil 0909-06 Bengalon Serka Rudi Hartono menuturkan, warga menemukan bayi orangutan itu sudah tiga hari telantar di hutan. Karena terlihat kondisinya lemah, warga menyelamatkan dan melaporkannya ke babinsa setempat.

Menurut Serka Rudi Hartono, warga berupaya memulihkan kesehatannya. Misal, dengan memberi asupan susu formula seperti bayi manusia.

“Warga lalu merawat bayi orangutan itu di salah satu rumah selama satu malam. Bayi orangutan itu bahkan sempat diberi susu formula, madu, juga asupan makanan, sampai saat ini kondisinya sudah membaik,” ujar Serka Rudi Hartono seperti dilansir Halo Kaltim, 3 Desember 2020.

Saat ini bayi orangutan tersebut telah diserahkan Kodim 0909/Sgt kepada BKSDA Kaltim untuk dirawat di balai konservasi di Samboja, Kukar, Kaltim.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan dari bapak-bapak TNI, karena kami selalu berkoordinasi dengan baik untuk penanganan ini,” ujar Kepala Resort KSDA Kutai Timur dan Bontang, Witono. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status