Clicky

Tim SAR Evakuasi Korban Meninggal Akibat Gempa Mamuju

Kepala Seksi Operasi Basarnas Balikpapan Kaltim, Octavianto

KLIKSAMARINDA – Tim SAR gabungan melakukan upaya evakuasi korban di reruntuhan gedung pada hari kedua pasca gempa susulan 6.2 SR yang mengguncang wilayah Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu 16 Januari 2021. Tim SAR melakukan pencarian dan evakuasi di sejumlah bangunan yang diduga di dalamnya terdapat korban jiwa seperti di Jalan Wahab Azasi, Mamuju.

Dari keterangan Kepala Seksi Operasi Basarnas Balikpapan Kaltim, Octavianto, Tim SAR gabungan memulai operasi evakuasi mulai pukul 07.00 WITA. Tim SAR Gabungan kemudian menemukan 1 orang korban meninggal dunia akibat reruntuhan bangunan pukul 14.30 WITA.

Korban meninggal yang ditemukan Tim SAR Gabungan belum dapat memastikan identitas korban. Namun dari ciri fisik, korban berjenis kelamin wanita, berambut panjang mengenakan baju bergaris-garis dan celana krem.

Octavianto menerangkan, Tim SAR Gabungan terkendala dalam melakukan evakuasi. Pasalnya, Tim SAR menggunakan alat manual terlebih dahulu. Sementara korban berada kurang lebih 3 meter di dalam reruntuhan.

“Korban langsung kita bawa menggunakan ambulans ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk diidentifikasi,” ujar Octavianto Sabtu sore.

Menurut Octavianto, Tim SAR Gabungan masih terus melakukan proses pencarian korban dan upaya evakuasi karena diduga masih ada korba meninggal akibat reruntuhan bangunan.

Sebelumnya, di tempat yang sama yakni Jl Wahab Azasi, Tim SAR Gabungan juga mengevakuasi dua korban. Dugaan sementara di dalam reruntuhan bangunan ini, terdapat sekitar 5 korban meninggal.

Tim Rescue SAR Balikpapan yang ikut membantu proses penyelamatan dan evakuasi korban gempa di Majene melaporkan hingga Sabtu sore, korban tewas sebanyak 35 di Mamuju yang meninggal dunia akibat tertimpa bangunan. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status