News

Rinda Wahyuni Ajak Perempuan di Samarinda Aktif Cegah Kanker Serviks Melalui Pemeriksaan Dini

KLIKSAMARINDA – Tercatat kurang lebih 400 warga Kota Samarinda mengikuti pemeriksaan HPV DNA, IVA Test, dan Pap Smear di Gedung Sekretariat PKK Kota Samarinda, Jalan S. Parman, Jumat 7 Juni 2024.

Pemeriksaan gratis ini digelar Pemerintah Kota Samarinda melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Samarinda pada hari kedua bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024.

Ketua TP PKK Kota Samarinda, Hj Rinda Wahyuni Andi Harun terus semangat menunjukkan dedikasi kuat dalam upayanya meningkatkan kesehatan kaum perempuan di Kota Samarinda.

Dirinya secara aktif mengajak para perempuan untuk hadir di lokasi acara yang telah disediakan untuk menjalani pemeriksaan HPV DNA, Pap Smear, dan IVA Test.

Menurutnya, tujuan dari inisiatif ini untuk mendeteksi secara dini adanya perkembangan sel-sel kanker serviks dalam tubuh perempuan sehingga dapat diambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

“Untuk kaum perempuan se-Kota Samarinda, ayo datang ke sini, ajak semua teman dan keluarga, gratis loh. Dengan melakukan Pap Smear, kita dapat mengetahui dan mencegah secara dini perkembangan sel-sel kanker serviks dalam tubuh kita,” ucap Rinda Wahyuni saat melakukan siaran langsung di media sosial melalui gawainya.

Selain pemeriksaan HPV DNA, IVA Test, dan Pap Smear, Rinda juga menambahkan bahwa tersedia pemeriksaan gula darah, kolesterol, konsultasi, dan pemasangan alat kontrasepsi (KB).

Semua layanan tersebut diberikan secara gratis dan langsung ditangani oleh dokter-dokter spesialis serta bidan-bidan senior.

Istri Wali Kota Samarinda ini menjelaskan kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu upaya TP PKK Kota Samarinda dalam meningkatkan kesadaran kesehatan di kalangan perempuan, khususnya dalam mencegah penyakit dalam.

Rinda berharap program ini dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup perempuan di kota ini.

“Jangan lupa, besok Sabtu tanggal 8 Juni 2024, masih ada pelayanan pemeriksaan gratis untuk seluruh kaum perempuan warga Kota Samarinda. Segera datang ke sini agar perempuan Kota Samarinda menjadi perempuan yang sehat dan perempuan unggulan,” tutup Rinda.

Kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri oleh kaum perempuan yang datang untuk pemeriksaan kesehatan saja, tetapi juga diramaikan oleh berbagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari setiap kecamatan se-Kota Samarinda.

Kehadiran UMKM ini menambah semarak acara dengan berbagai produk lokal yang dipamerkan dan dijual, mulai dari makanan dan buah-buahan, kerajinan tangan, hingga produk kecantikan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status