Clicky

Reshuffle Kabinet Presiden Joko Widodo Lantik Pejabat

KLIKSAMARINDA – Presiden RI Joko Widodo melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek). Pelantikan berlangsung Rabu sore, 28 April 2021 di Istana Negara, Jakarta.

Bahlil Lahadalia sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Adapun, Nadiem Makarim sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Selain itu, Presiden Jokowi juga melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 72/P Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta, pada 28 April 2021. Keppres tersebut berisi tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Presiden Joko Widodo juga melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang sebelumnya dijabat oleh Bambang Brodjonegoro.

Pelantikan ini berdasarkan Keppres Nomor 19/M Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta, pada 28 April 2021, tentang Pengangkatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Presiden kemudian melakukan pengambilan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Presiden saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh kedua menteri dan pejabat negara yang baru dilantik.

Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan 2019-2024, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, dan Pengucapan Sumpah Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, Istana Negara, 28 April 2021, pukul 15.00 WIB.

Usai pembacaan Keppres, dilakukan pengambilan sumpah jabatan kepada masing-masing pejabat yang dilantik di hadapan Presiden dan disaksikan rohaniwan.

Pada pelantikan ini, Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo.

“Ini merupakan suatu hal yang mungkin akan menjadi kabar gembira juga bagi para universitas karena sekarang dari sisi riset dan juga transformasi pendidikan ada di dalam satu kementerian sehingga satu pintu,” ujar Nadiem Anwar Makarim usai pelantikan.

Sementara itu, Bahlil Lahadalia menyampaikan, investasi adalah pintu masuk dari pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi sesuai dengan visi Presiden Jokowi di periode kedua. Untuk itu berbagai kebijakan sudah diarahkan untuk menopang kelancaran investasi seperti UU cipta kerja.

“Reform dalam UU cipta kerja ini adalah tugas yang kita lanjutkan. Saya ingin katakan peran dari pada kementerian investasi nantinya akan jadi poin hubungkan sinergikan investasi dari luar dan dalam negeri pempus maupun pemda,” ujar Bahlil Lahadalia. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status