Clicky

Sabtu, 16 Januari 2021

Ratusan Bibit Enau Samarinda Dikirim ke Jakarta

KLIKSAMARINDA – Potensi pertanian di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) seolah tak pernah habis. Pelbagai tanaman yang dikembangbiakkan pun memiliki nilai jual. Tak hanya nilai jual lokal, sejumlah kekayaan hayati juga memiliki nilai jual lintas provinsi atau nasional.

Misal, tanaman enau atau aren. Jenis tanaman ini ternyata mampu merambah pasar Ibu Kota RI, Jakarta. Karantina Pertanian Samarinda Wilayah Kerja (Wilker) Kantor Pos memeriksa sekitar 300 batang bibit enau yang akan dikirim ke Jakarta, Selasa 8 Desember 2020.

Point of View:  BRI Terapkan Relaksasi Kredit Usaha Rakyat Saat Pandemi Covid-19

Pemeriksaan ini merupakan prosedur terhadap tanaman yang akan dilalulintaskan via jasa ekpedisi keluar daerah. Menurut Pejabat Karantina Samarinda, Puput, tanaman aren merupakan tanaman yang memili banyak manfaat karena setiap bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan.

Selain disebut enau oleh sebagian masyarakat Indonesia, Bangsa Belanda mengenalnya sebagai aren palm atau zuiker palm dan dalam bahasa Inggris disebut sugar palm.

Point of View:  Setelah Diperiksa, 19 Kasus di Kaltim Terkonfirmasi Negatif dan 5 Positif Covid-19 Per 22 Mei 2020

Tanaman aren disadap niranya ketika sudah mulai mengeluarkan tandan bunga betina dan juga tandan bunga jantan. Tanaman aren ini dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk seperti nira, gula, kolang kaling, ijuk, tali.

Pejabat Karantina memastikan komoditas tersebut aman dan sehat dengan melakukan pemeriksaan fisik, kesesuaian jenis, jumlah, dan volume bibit aren.

Point of View:  Ada Rute Baru Penerbangan Subsidi di Kaltim, Dari Samarinda ke Maratua Berau Pakai Susi Air

“Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan OPTK, bibit aren ini aman dan sehat sehingga bisa dilalulintaskan dengan menerbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan,” ujar Puput melalui rilis. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Content is protected !!