News

Pencurian Kabel Sebabkan Mati Lampu Jalan di Banyak Titik Kota Samarinda

KLIKSAMARINDA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda mengungkapkan bahwa maraknya pencurian kabel telah menyebabkan pemadaman Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di sejumlah titik di Kota Samarinda akhir-akhir ini. Hal ini menimbulkan keprihatinan terkait keamanan warga.

Kepala Seksi Prasarana Jalan Dishub Samarinda, Rinjani Kusuma, menjelaskan sejumlah lokasi seperti Jalan Pembangunan, Jalan D.I Pandjaitan, Jalan Basuki Rahmat, Jalan S.Parman, dan beberapa titik lain telah menjadi sasaran pencurian kabel LPJU.

pencurian kabel samarinda

“Para pencuri kabel beraksi dini hari saat di luar pantauan Dishub. Mereka mencuri dengan cara mencongkel dan menarik kabelnya sehingga listrik LPJU mati,” ujar Rinjani, ditemui Jumat 12 Januari 2024.

Meski Dishub terus membenahi, pencurian terus terjadi. Pihak Dishub pun telah melaporkan pihaknya ke kepolisian untuk ditindaklanjuti.

Rinjani menyebutkan, ke depannya pemasangan kabel LPJU akan menggunakan sistem kabel atas agar lebih sulit dicuri. Sistem kabel bawah tanah sangat rentan pencurian seperti di Jalan D.I Pandjaitan.

Selain itu, Rinjani menyatakan pihaknya mengajak warga Kota Samarinda ikut mengawasi kondisi LPJU di lingkungan mereka. Jika ada lampu mati, segera hubungi Dishub untuk dilakukan perbaikan.

“Kami imbau masyarakat melaporkan jika ada LPJU mati agar segera kami benahi,” ujarnya.

Dishub Kota Samarinda berkomitmen terus berkoordinasi dengan kepolisian serta menerapkan langkah-langkah preventif. Hal ini untuk mencegah pencurian kabel yang meresahkan warga terulang lagi di masa mendatang.

Mari bersama menjaga fasilitas publik seperti LPJU agar tetap berfungsi dengan baik. Jika menemukan adanya tindak kejahatan, segera melaporkannya ke pihak berwajib demi menjaga keamanan lingkungan. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status