Kehumasan dan Keprotokolan Bekal Penting Untuk Pramuka Kaltim

Pramuka Kaltim

Muhammad Faisal

KLIKSAMARINDA – Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Kalimantan Timur (Kaltim) akan segera menggelar pelatihan kehumasan dan juga pelatihan keprotokolan. Peserta yang akan hadir berasal dari Kwarda Kaltim dan Kwartir Cabang (Kwarcab) kabupaten/kota se Kaltim.

Wakil Ketua Bidang Kehumasan dan Informatika Kwarda Pramuka Kaltim, Muhamad Faisal menjelaskan, pelatihan keprotokolan akan dimulai terlebih dahulu pada 7-11 Desember 2022. Pkan selanjutnya, agenda akan dilanjutkan dengan pelatihan kehumasan.

Menurut Muhamad Faisal, kedua materi terkait kehumasan dan keprotokolan sangatlah penting. Antara lain, untuk mendukung kegiatan Kepramukaan maupun untuk meningkatkan kemampuan.

Tak hanya itu, materi kehumasan juga memberikan bekal pengetahuan dasar dari para ahli yang kompeten di bidang kehumasan dan juga keprotokolan.

“Bidang Humas tidak hanya bicara soal bagaimana teknik dasar penulisan, fotografi, atau pun video. Tetapi juga akan disampaikan materi tentang etika kehumasan, public speaking, analisis media sosial, teori branding, dan masih banyak lagi. Walau masih tahap dasar, tapi ini bekal yang penting bagi adik-adik Pramuka,” ujar Kak Faisal, sapaan akrab Muhamad Faisal di internal Kwarda Pramuka Kaltim, Minggu 4 Desember 2022.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kaltim ini juga menjelaskan, pelatihan humas dan protokol akan dilaksanakan secara berjenjang.

Tahun ini, dimulai pelatihan dasar. Sedangkan tahun depan, akan dilaksanakan pelatihan tahap lanjutan terkait kehumasan dan protokol.

Pelatihan dasar keprotokolan ini, imbuh Muhamad Faisal, sangat penting untuk mengetahui bagaimana teori dan teknik dasar menjadi seorang protokol yang baik.

Karena petugas protokol, bukan hanya sekadar menjadi Master of Ceremony (MC). Tetapi bagaimana menjadi pengatur jalannya sebuah acara.

“Ini yang sering salah kaprah, masalah protokol hanya dianggap soal menjadi pembaca acara saja. Padahal itu hanya Sebagian saja tugas seorang protokol, ada yang jauh lebih penting bagaimana dia menyukseskan sebuah acara. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi,” jelas mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Pemkot Samarinda ini.

Pelatihan kehumasan dan pelatihan keprotokolan sengaja dipilihpisahkan. Karena memang berbeda, baik dari sisi penyampaian materi maupun target peserta.

Seluruh kegiatan rencananya akan dilaksanakan di Gedung Pramuka Jalan M Yamin Samarinda sebagai pusat kegiatan dan sekretariatan Kwarda Pramuka Kaltim. (Mf/KRV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status