Clicky

Kaltim Ekspor Karet Lembaran ke Rusia di Tengah Pandemi Covid-19

KLIKSAMARINDA – Petugas Karantina Pertanian Samarinda, Jumat 29 Mei 2020, memeriksa 22.680 Kg karet lembaran. Pemeriksaan ini berlangsung karena karet lembaran tersebut akan diekpor ke Rusia. Karet lembaran tersebut merupakan produk olahan industri pabrik di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut pejabat Karantina Pertanian Samarinda, Sukarno, pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan agar karet lembaran tersebut terbebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT).

Point of View:  Kasus Pembunuhan di Bawah Flyover Jembatan Mahakam Samarinda, Polisi Tangkap Pelaku Dalam 2 Jam

“Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan karet lembaran yang akan dikirim sehat dan terbebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) sehingga aman hingga sampai ke Rusia,” ujar Sukarno melalui rilis Karantina Pertanian Samarinda .

Saat ini, ekspor karet lembaran dari Kaltim, khususnya Samarinda kembali bergeliat dan tidak terpengaruh pandemi Covid-19. Sebelumnya, dalam 1 tahun terakhir, pengiriman karet lembaran asal Kalimantan Timur mengalami penurunan drastis.

Point of View:  Update Covid-19 Kaltim, Akumulasi Yang Terkonfirmasi Positif 603 Kasus dan Sembuh 452 Kasus

Bahkan ekspor sempat terhenti karena harga karet yang tak menentu dipasaran ekspor. Di Kota Samarinda terdapat pabrik yang dapat mengolah karet dari getah karet mentah hingga menjadi karet lembaran.

Nah, karet lembaran yang akan diekpor ke berbagai negara ini nantinya akan digunakan sebagai bahan baku ban mobil balap F1. Karet sempat menjadi primadona ekspor karena nilai jualnya yang fantastis dan diminati berbagai negara seperti India, Taiwan, Rusia, Belanda dan juga China. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Content is protected !!