Clicky

E-Katalog Lokal Kaltim Masih Perlu Pengembangan

KLIKSAMARINDA – Pemprov Kaltim merupakan satu dari 8 provinsi di Indonesia yang telah melaunching e-katalog lokal. Saat ini, e-katalog lokal ini masih pada tahap pengenalan.

Menurut Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov. Kaltim, Ir. Fadjar Djojoadikusumo, M.M., M.T, komoditasnya baru satu yaitu pengadaan layanan makan dan minum. Nantinya, beberapa komoditas akan ditambahkan seperti pembelanjaan ATK dan pengadaan cleaning service.

”Dengan adanya e-katalog lokal diharapkan dapat memudahkan dalam pengadministrasian, mempercepat pelaksanaan, memberdayakan dan mendorong potensi lokal untuk dikenal, dan menunjang Usaha Kecil Menengah (UKM),” ujar Fadjar Djojoadikusumo saat penyampaian Produk Lokal E-Katalog Elektronik Komoditas Jasa Penyediaan/Pelayanan Makanan Provinsi Kaltim secara virtual, Jumat 26 Februari 2021.

Dalam rangka pengembangan tersebut, Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov. Kaltim menggelar penyampaian Produk Lokal E-Katalog Elektronik Komoditas Jasa Penyediaan/Pelayanan Makanan Provinsi Kaltim secara virtual, Jumat 26 Februari 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Administrasi Pembangunan Setdaprov. Kaltim ini dalam rangka menindaklanjuti Keputusan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Nomor 185 Tahun 2020 tentang Penetapan Persetujuan Pengelolaan Katalog Elektronik Lokal Provinsi Kalimantan Timur.

Fadjar Djojoadikusumo menjelaskan, pada prinsipnya pengadaan barang/jasa merupakan salah satu prioritas nasional Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena merupakan salah satu pintu masuknya korupsi di Indonesia.

Maka terkait dengan itu, pemerintah pusat melalui KPK, LKPP, dan institusi lainnya termasuk Menpan dan Mendagri serta Mentri PU secara bertahap berusaha memperbaiki proses pengadaan barang/jasa. Salah satunya perbaikan dari segi struktur yang dulunya di SKPD masing-masing sekarang sudah dipisah.

Unit Kerja Pengadan Barang/Jasa memiliki beberapa tujuan yaitu perbaikan Sumber Daya Manusia, perbaikan regulasi dan turunannya, perbaikan IT, dan perbaikan integritas. Pengadaan barang/ jasa melalui IT salah satunya yang sedang dilakukan sekarang yaitu e-katalog lokal. E-katalog lokal adalah salah satu dari e-katalog yang didorong oleh pemerintah pusat melalui LKPP (e-katalog nasional, e-katalog sektoral, dan e-katalog lokal), ujar Fadjar Djojoadikusumo. (*)

DMCA.com Protection Status