Clicky

Rabu, 27 Januari 2021

Dispantan Kaltim Gagas Pertanian Berbasis Wisata

KLIKSAMARINDA – Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura atau DPTPH Provinsi Kaltim menggagas konsep pangan dan pertanian berbasis pariwisata. Gagasan tersebut diungkapkan Kepala DPTPH Provinsi Kaltim, Ir. Siti F. Yana, M.Si. saat menerima kunjungan dari Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Kaltim, Selasa, 5 Januari 2021 dipimpin Titin Emboen.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas persoalan terkait upaya membangun kesamaan persepsi untuk mendorong kerjasama sektor Pangan dan Pertanian dalam upaya MASATA sbg salah satu stakeholder Pariwisata di Kaltim. Antara lain dengan mewujudkan Desa Wisata berbasis pertanian, agrowisata, ekowisata, eduwisata, wisata kuliner yang berbasis pangan lokal.

Point of View:  Rakorpeg Se-Kaltim Bahas Transformasi dan Tantangan ASN Masa Kini

“Bila ini berkembang maka menghasilkan nilai tambah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat tani sebagai pelaku usaha ekonomi kreatif,” ujar Siti F. Yana seperti dirilis laman resmi DPTPH Kaltim

Dalam pertemuan yang berlangsung mulai pukul 14.30 WITA tersebut juga mengulas perlunya pemetaan atau mapping potensi setiap wilayah di Kaltim dalam rangka mewujudkan gagasan pertanian berbasis pariwisata. Menurut Siti F.Yana,konsep ini memerlukan pemetaan atau mapping di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Kaltim.

Point of View:  Ketersediaan Hewan Kurban di Kaltim Lebih Dari Cukup

“Program/kegiatan yang tersebar di Kabupaten dan Kota perlu dipetakan (mapping) potensinya berbasis pariwisata dengan baik. Selanjutnya bisa dibuat event pariwisata berbasis pangan dan pertanian,” ujar Siti F. Yana. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Send us an email to kliksamarinda.com