Diskominfo Kaltim Gelar FGD Metadata Statistik Sektoral

FGD berlangsung di Hotel Aston Samarinda, Lantai 12 secara Offline dan Online mulai 22-24 Februari 2022.

KLIKSAMARINDA – Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Statistik menggelar Fokus Group Discussion (FGD) guna membangun Metadata Statistik Sektoral. FGD berlangsung di Hotel Aston Samarinda, Lantai 12 secara Offline dan Online mulai 22-24 Februari 2022.

Kegiatan FGD yang bertema “Membangun Metadata Statistik Sektoral” ini dibuka Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal, diwakili oleh Sekretaris Diskominfo Kaltim, Edi Hermawanto Noor, Selasa 22 Februari 2022 lalu.

Dalam sambutan, Edi Hermawanto Noor mengatakan Diskominfo Provinsi Kaltim sebagai Wali Data adalah unit pada instansi dan perangkat daerah yang membidangi urusan statistik.

Tugas Wali Data itu melaksanakan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan data.

“Wali Data tingkat daerah memiliki tugas memeriksa kesesuaian data dari produsen dengan standar menyebarluaskan data dan metadata diportal satu data Indonesia” ujar Edi Hermawanto Noor.

Dalam laporan Kepala Bidang Statistik, Adrie Dirga Sagita, dinyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar terciptanya sumber daya manusia metadata di masing-masing instansi maupun perangkat daerah di Kaltim.

“Untuk menghasilkan data sektoral sebagai keperluan pembangunan daerah dibutuhkan data yang berkualitas maka diperlukan metode yang tepat agar menghasilkan kecepatan dan ketepatan pengelolaan data,” kata Dirga.

Dalam kegiatan FGD tersebut, Diskomimfo Kaltim menggandeng Badan Pusat Statistik wilayah Kaltim sebagai mitra kerja dan narasumber.

Hadir dalam FGD itu perwakilan Instansi Vertikal dan Perangkat Daerah Provinsi Kaltim (Adv/KominfKaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com