Pemkot Samarinda

Bertahun Tahun-Tahun Tidak Ada Jalan, TNI Bangun Jalan Rawa Makmur

KLIKSAMARINDA – Setelah bertahun-tahun tidak ada jalan, kini masyarakat Kelurahan Rawa Makmur dan Handil Bakti, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, sudah bisa tersenyum.

Sejak Selasa 11 Oktober 2022, ratusan prajurit TNI dari Kodim 0901 Samarinda melakukan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Tahun 2022.

TMMD adalah program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang sudah berjalan selama 41 tahun yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah di pedesaan.

Menyikapi hal itu, Wali Kota Samarinda, Andi Harun memberikan apresiasi serta rasa terima kasihnya kepada TNI atau kegiatan tersebut, sebab telah membantu pemerintah daerah dalam pembangunan.

“Atas nama Pemerintah Kota Samarinda, saya sangat dan turut berbangga terhadap program TNI Manunggal Masuk desa (TMMD),” ujar Wali Kota Andi Harun di depan ratusan prajurit TNI yang mengikuti upacara pembukaan.

Wali Kota Andi Harun juga meminta agar warga kota Samarinda bisa berpartisipasi untuk membantu terlaksananya kegiatan TMMD sehingga bisa berjalan sukses.

“Karena kerja ya keliatan berat bisa menjadi ringan, pekerjaan yang kelihatannya mahal bisa menjadi murah karena dilaksanakan secara bersama-sama atau gotong royong,” ujar Wali Kota Andi Harun.

“Karena gotong royong menjadi ruh utama kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pancasila,” ujar Wali Kot Andi Harun.

Selain itu kegiatan ini sangat bermanfaat secara fisik, karena sudah belasan tahun jalan ini tidak bisa menghubungkan dua kecamatan, yitu Rawa Makmur dan Handil Bakti.

“Dengan anggaran yang efisien Rp1,8 miliar ternyata bisa menyelesaikan pembangunan dan perbaikan jalan, dibandingkan dengan kegiatan reguler dinas. Tentu ini jauh lebih murah dan efisien,” ujar mantan anggota DPRD Kaltim ini.

Sementara itu, Komandan Korem 091/ASN, Brigjen TNI Dendi Suryadi mengatakan bahwa kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan.

Selain itu, sinergi ini juga sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“TNI bukannya mengambil kerjaan orang lain. Sebenarnya ini implementasi dari sistem keamanan kita. Sistem keamanan rakyat semesta,” ujar jenderal bintang satu yang merupakan putra asli Kalimantan Timur ini.

Brigjen TNI Dendi Suryadi mengatakan bahwa TMMD tahun ini dirangkai dengan kegiatan Pembangunan jembatan dan jalan, bedah rumah, perbaikan tempat ibadah.

Selain itu ada program kerjasama dengan 12 kementerian lembaga dalam hal pembangunan non fisik seperti posko vaksinasi, sunat masal, wawasan kebangsaan dan bela negara dan lain-lain.

Hal itu dilakukan secara bersama-sama oleh 150 gabungan personil Polri serta 25 masyarakat setempat.

“Kemanunggalan TNI dan rakyat serta pemerintah harus terus ditingkatkan, baik dalam pembangunan fisik juga ekonomi sosial kemasyarakatan. Harapanya kegiatan ini bisa membantu masyarakat Samarinda.

“Sinergitas serta kolaborasi TNI/Polri, pemerintah serta masyarakat harus terus ditingkatkan. Ini adalah sumbangsih kepada bangsa dan negara. Mari sama-sama berkolaborasi, dengan menjadi bagian untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujar Brigjen TNI Dendi Suryadi.

Pembukaan TMMD ke 115 tahun 2022 ditandai dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono dan Kapolresta Samarinda Kombes Pol. Ary Fafli, Dandim 0901/Kolonel Novi Herdian selaku tuan rumah kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD).

Acara pembukaan itu digelar di Lapangan Sepak Bola Kecamatan, Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status