Alhamdulillah, Wartawan Kompeten di Kaltim Bertambah – KLIK SAMARINDA
News

Alhamdulillah, Wartawan Kompeten di Kaltim Bertambah

(Last Updated On: July 28, 2019)

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) selesai menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-XV, Minggu 28 Juli 2019. Hasilnya, 4 penguji UKW menyatakan 24 peserta yang mengikuti UKW berkompeten dan menambah daftar panjang wartawan di Kaltim yang berkompeten.

“Sebanyak 24 peserta UKW PWI Kaltim dinyatakan berkompeten,” ujar Zainal Helmi, satu di antara 4 penguji UKW, saat penutupan UKW PWI Kaltim di Sekretariat PWI Kaltim, Jalan Biola, Samarinda.

Para peserta, penguji, dan jajaran pengurus PWI Kaltim saat foto bersama usai penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XV PWI Kaltim, Minggu 28 Juli 2019. (Foto: Dok)

Hasil ini, menurut Ketua PWI Kaltim, Endro S. Effendi, merupakan pencapaian yang menggembirakan karena 100 persen peserta menyandang predikat kompeten.

“Biasanya ada saja yang tidak lulus. Selamat kepada seluruh peserta,” ujar Endro saat sambutan penutupan.

Endro memaparkan, sebelumnya PWI Kaltim melaksanakan UKW pada tahun 2011 sebanyak 1 kali, tahun 2012 sebanyak 2 kali, tahun 2013 sebanyak 2 kali, tahun 2014 sebanyak 1 kali, tahun 2015 sebanyak 1 kali, tahun 2016 sebanyak 2 kali, tahun 2017 sebanyak 4 kali dan pada tahun 2018 1 kali.

Sebanyak 300 orang telah mengikuti UKW yang dilaksanakan PWI Kaltim selama 14 Angkatan, 253 telah dinyatakan kompeten. Sementara jumlah anggota PWI yang telah memiliki kompetensi wartawan berjumlah 161 orang terdiri dari 64 orang kompetensi wartawan Muda, 64 orang kompetensi wartawan Madya, dan 33 kompetensi wartawan Utama.

Kendala yang dihadapi PWI untuk menggelar UKW, imbuh Endro, adalah dari sisi biaya. Namun, PWI Kaltim berupaya menggandeng donatur untuk mengatatasi persoalan tersebut. Untuk UKW Angkatan XV ini, PWI Kaltim mendapatkan dukungan dan bantuan dari PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT).

“Jika mengikuti UKW secara mandiri, setiap peserta memerlukan biaya Rp3-3,5 juta. Namun, dalam hal ini PWI berusaha mendapat dukungan sponsor sehingga peserta UKW mendapat subsidi,” tambah Endro.

UKW PWI Kaltim Angkatan XV ini berlangsung selama 2 hari, 27-28 Juli 2019, di Sekretariat PWI Kaltim, Jalan Biola, Samarinda. Para peserta berjumlah 24 wartawan dari berbagai media massa di Kaltim baik cetak, online, TV dan radio, Para peserta terbagi masing-masing 6 peserta tingkat Utama dan 18 peserta tingkat Muda.

Penguji tingkat Utama pada UKW PWI Kaltim Angkatan XV ini Rita Sri Hastuti (Komisi Tetap Anugerah Adinegoro juga anggota Komisi Uji Kompetensi PWI Pusat). Tiga penguji lainnya, Zainal Helmi (Ketua PWI Kalimantan Selatan (Kalsel)/penguji PWI), Refa Riana (Ketua PWI Jawa Barat/penguji PWI), dan Endro S. Effendi (Ketua PWI Kaltim/penguji PWI) menjadi penguji tingkat Wartawan Muda. (*)