Clicky

WBP Rutan Samarinda Mampu Hasilkan Karya Kreatif

KLIKSAMARINDA – Kreativitas tampaknya tak mengenal batas. Begitu pula bagi warga yang berstatus warga binaan pemasyarakatan (WBP atau yang biasa lebih akrab didengar narapidana.

Buktinya, seperti yang dilakukan oleh para WBP di Rutan Samarinda, Kaltim. Mereka mampu membuahkan karya kreatif berupa cenderamata dan sejumla prouk kreatif lainnya.

Nah, karya-karya mereka pun dipamerkan sekaligus dijual dalam bazar yang bertema ‘One Day One Prison Product’ atau satu hari satu produk penjara. Acara ini berlangsung saat rangkaian acara Hari Bakti Pemasyarakatan ke 57, pada Senin, 26 April 2021 lalu.

Beberapa produk di antaranya adalah pakaian adat khas Kalimantan Timur, produk mebel kebutuhan rumah tangga, seperti kursi tamu dan rak multifungsi. Ada pula pernak-pernik manik nuansa lokal, serta kue kering dan produk makanan lainnya.

Menurut Kepala Rutan Kelas IIA Samarinda, Alanta Imanuel Ketaran, Kegiatan tersebut merupakan dukungan untuk meningkatkan produktivitas warga binaan, melalui pembelian produk.

Pameran menyajikan produk-produk yang merupakan buah tangan para narapidana setelah menerima pelatihan, pembinaan, serta pendampingan bimbingan kerja Rutan Kelas IIA Samarinda.

Pembinaan ini menjadi bagian dari tugas lembaga pemasyarakataan, yaitu pendidikan dan pengajaran, sesuai Pasal 14 ayat (1) Undang-undang Pemasyarakatan.

Alanta Imanuel Ketaran menjelaskan, dari kerajinan tangan bernuasa lokal hingga metode kerja modern, warga binaan rutan menghasilkan banyak produk kerja yang mampu bersaing di pasar.

“Berbekal makna tema Pemasyarakatan Maju bersama masyarakat bangkit dari pandemi dan beradaptasi dengan era new normal baru. Hasil dari penjualan turut menjadi sumbangsih Rutan Kelas IIA Samarinda bagi PNBP Negara Indonesia dengan jumlah Rp1.134.000,” ujar Alanta Imanuel Ketaran. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status