News

Stok LPG 3 Kg di Samarinda Aman, Pertamina Tambah Kuota

KLIKSAMARINDA – Kebutuhan gas LPG 3 kg meningkat menjelang hari raya keagamaan seperti Idul Adha 2024. Antrean warga yang membeli gas melon itu pun menjadi pemandangan dalam sepekan terakhir di Kota Tepian.

Namun, masyarakat Kota Samarinda tidak perlu khawatir kekurangan pasokan. PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan stok LPG 3 kg dalam kondisi aman dan bahkan melakukan penambahan pasokan secara fakultatif.

Arya Yusa Dwicandra, Area Manager Communications, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, menyampaikan bahwa dari total kuota sekitar 9,7 juta tabung LPG 3 kg untuk Samarinda tahun 2024, baru tersalur sekitar 4 juta tabung atau 41%.

“Artinya secara kuota masih ada lebih dari 50% dan kondisi stok saat ini juga dalam keadaan aman,” ujar Arya, Kamis 6 Juni 2024.

Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan jelang Idul Adha, Pertamina mengambil langkah dengan menambah pasokan LPG 3 kg secara fakultatif sebanyak total 120.000 tabung dalam bulan Juni ini.

“Penambahan ini dilakukan secara bertahap dalam bulan Juni dengan total 120.000 tabung, yang akan dilakukan secara fakultatif. Penambahan dilakukan seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat jelang hari raya Idul Adha tahun ini,” ungkap Arya.

Dengan total 20 agen dan 550 pangkalan LPG 3 kg yang melayani masyarakat Samarinda, Pertamina berharap dapat memenuhi kebutuhan warga dengan baik.

Meski demikian, Arya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan panic buying dan bagi yang ekonominya mampu diimbau untuk tidak menggunakan LPG 3 kg bersubsidi. Mereka diminta beralih ke Bright Gas yang non-subsidi.

“Kami berulang kali menginformasikan bahwa LPG 3 kg merupakan barang bersubsidi yang ditujukan bagi masyarakat dengan ekonomi kurang mampu atau miskin,” tegas Arya.

Terkait tuntutan PMII tentang pemindahan Terminal BBM Jalan Cendana ke Palaran, Arya menjelaskan proses pembangunan di Palaran masih berlangsung meski membutuhkan waktu cukup lama, diperkirakan 4-5 tahun ke depan.

Pertamina membuka layanan informasi 135 dan aplikasi MyPertamina untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi terkait pasokan BBM dan LPG di wilayah Samarinda dan sekitarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status