Clicky

Pemuda Perumahan Bukit Indah Lakukan Sterilisasi, Ini Pesan Wakil Walikota Samarinda

Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wogso. PHOTO: Repro

KLIKSAMARINDA – Aksi sosial yang dilakukan para pemuda di Perumahan Bukit Indah mendapat perhatian dari Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso. Dalam video pendek berdurasi 36 detik, Rabu 11 Agustus 2021 pagi tadi, Rusmadi menyampaikan agar warga di Rukun Tetangga 28, 29, dan 30 Perumahan Bukit Indah yang terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019, agar berdiam diri di rumah saja.

Insya Allah, nanti pak RT, lurah, dan camat akan memberikan bantuan,” katanya. “Jangan ragu, jangan khawatir dengan bantuan makanan dan obat-obatan. Asal lapor,” timpalnya.

PHOTO: Firmansyah/Perumahan Bukit Indah

Rusmadi Wongso juga mengingatkan agar warga untuk menjaga diri dan kesehatan. Namun yang penting, ujar Rusmadi Wongso, warga diminta tetap menjaga protokol kesehatan dan kebersihan selama isolasi mandiri di rumah.

“Selama melakukan Isoman, protokol kesehatan tetap dipertahankan, yaitu tetap di rumah, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, gunakan masker, dan tetap menjaga jarak dengan penghuni rumah di dalamnya,” jelasnya.

PHOTO: Firmansyah/Perumahan Bukit Indah

Untuk diketahui, bebarapa alat medis dasar yang perlu disiapkan bagi warga yang menjalani isoman antara lain masker medis, thermometer (pengukur suhu badan), oxymeter –pengukur saturasi oksigen– dan beberapa obat seperti paracetamol, Vitamin C, Vitamin D 400-1000 IU, multivitamin, serta obat yang direkomendasikan dokter.

Warga yang isoman untuk tetap menjaga etika saat batuk, yaitu gunakan tisu atau menutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam. Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah melakukan olahraga ringan selama 30 menit 3 sampai 5 kali per minggu, serta berjemur di pagi hari selama 10 sampai 15 menit.

Kebersihan rumah dan kamar pun memegang hal penting selama isoman, selain mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga teratur. (dwi)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com