Jumat, 5 Maret 2021 15:49:54

Kemenhub Akan Bangun Penyeberangan Tanjung Keramat Kutim

KLIKSAMARINDA – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XVII Kaltim-Kaltara, berencana membangun penyeberangan Tanjung Keramat menuju Dermaga Peridan, Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur atau Kutim, di Kalimantan Timur.

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BPTD wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Avi Mukti Amin usai memimpin rakor lintas sektor percepatan pembangunan dermaga penyebarangan Tanjung Keramat, di Ruang Rapat, Kantor Dinas Perhubungan atau Dishub Kutim, Rabu 27 Januari 2021.

Hadir dalam rapat ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suroto, Kadishub Rizali Hadi, Plt Kadis PU Witono dan undangan lainnya.

Menurut Avi Mukti Amin, pembangunan dermaga Tanjung Keramat ini, bisa meningkatkan roda ekonomi di Sangkulirang dan wilayah Kutim. Dampaknya Kaltim bisa cepat berkembang mandiri.

“Target selesai pembangunan berdasarkan kondisi yang ada di wilayah Sangkulirang, sebab perlu ditambahkan pengembangan-pengembangan lainnya. Karena, banyaknya perusahaan disekitar wilayah Sangkulirang membutuhkan koneksivitas dari pulau satu ke pulau lainnya,” ujar Avi Mukti Amin.

Avi Mukti Amin menjelaskan, nominal biaya pembangunan penyeberangan Tanjung Keramat Kutim ini secara Dipa anggaran kurang lebih Rp30 Miliar. Besaran anggaran ini sesuai dengan kajian teknis.

“Di lapangan diperkirakan bisa berkembang lebih dari nominal tersebut. Sumber dana itu berasal dari APBN yang didorong oleh Dapil Kaltim Anggota DPR RI, Komisi VI dari Fraksi Partai Demokrat, Irwan,” ujar Avi Mukti Amin.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Suroto mewakili Plt Bupati Kutim, menyambut baik pembangunan penyeberangan tersebut. Ia berharap seluruh instansi ikut terlibat memberikan kontribusi dalam percepatan pembangunan. (*)

Tinggalkan Balasan

error: Terima kasih telah membaca kliksamarinda.com