Jadwal Penerbangan Tak Menentu Akibat Terganggu Kabut Asap, Bandara APT Pranoto Samarinda Ditutup Sementara – KLIK SAMARINDA
News

Jadwal Penerbangan Tak Menentu Akibat Terganggu Kabut Asap, Bandara APT Pranoto Samarinda Ditutup Sementara

??????????
(Last Updated On: September 16, 2019)

Kondisi Bandara APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) hingga Senin 16 September 2019, masih terpengaruh kabut asap yang muncul akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan. Kepala Bandara APT Pranoto Samarinda, Dodi Dharma Cahyadi menyampaikan keterangan terkait kondisi Bandara per Senin 16 September 2019 yang mengalami penutupan. Penutupan sementara ini akibat jarak pandang pendek karena asap dan kabut kebakaran hutan.


Jarak pandang pada Senin 16 September 2019 memburuk dan pada Senin pagi sekitar pukul 07.00 WITA, jarak pandang sempat 200 meter. Jarak pandang itu pada pukul 09.30 WITA membaik sekitar 6000 meter.

Di saat itu, saat kabut asap yang menyelimuti bandara sempat menipis, dua pesawat terbang milik maskapai penerbangan Batik Air dan Garuda Indonesia langsung meninggalkan Bandara APT Pranoto. Dua pesawat itu langsung terbang di luar jadwal menuju Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Pesawat Batik Air terbang dengan mengangkut 58 penumpang dan Garuda Indonesia pergi dalam keadaan kosong.

Pada pukul 10.00 WITA, jarak pandang kembali memburuk dan memaksa bandara kembali ditutup. Dodi menerangkan, beberapa maskapai membatalkan penerbangan akibat jarak pandang buruk pada Senin siang.

Kepala Bandara APT Pranoto Samarinda, Dodi Dharma Cahyadi (Foto: Dok

”Saat ini, kembai bandara close karena kabut asap. Visibility mencapai 4000 meter. Ada beberapa yang cancel flight untuk penerbangan dari atau ke Bandara APT Pranoto ini yakni ke Yogyakarta, Surabaya, Makasar. Tadi diinfokan, Nam Air dari Surabaya itu divert ke Balikpapan karena jarak pandang yang tidak memungkinkan,” ujar Dodi.

Maskapai penerbangan Lion Air Group langsung melakukan penyesuaian dan pengalihan seluruh jaringan penerbangan domestik ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Penyeuaian jadwal penerbangan itu mengecewakan sejumlah penumpang Lion Air Group. Mereka mengaku kecewa karena tidak diberitahu sejak awal jika penerbangan mereka dialihkan ke bandara di Balikpapan.

Adalah Marhadi, penumpang Samarinda tujuan Yogyakarta Senin pagi kembali kecewa karena keberangkatanya kembali tertunda. Ia dan keluarga yang harusnya berangkat pada Sabtu 14 September 2019. Tetapi, Marhadi dijadwalkan berangkat pada Senin pagi ini karena kondisi cuaca yang tidak membaik. Dia kemudian menerima informasi dari maskapai hanya melalui pesan singkat short message service (SMS). Pemberitahuan itu, menurut Marhadi, mengecewakan karena mendadak.

”Sudah dikasih tahu tapi kita gak lihat, kan datangnya malam. Malam tadi langsung berangkat ke sini. Sampai sini sudah ada SMS kaya gitu. Gak sempat, waktunya sudah mepet. Diberi surat pemeritahuan jadi dipindah besok. Gak usah beli tiket lagi,” ujar Marhadi. (Jie)