Clicky

Disdukcapil Se-Kaltim Kompak Konsultasi Data Kependudukan ke Kemendagri

KLIKSAMARINDA – Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Noryani Sorayalita memimpin kunjungan kerja Kepala Dinas Dukcapil kabupaten/kota se Kaltim. kepada Kementerian Dalam Negeri.

Dalam keterangan tertulis pada 15 April 2021, Kepala DKP3A Kaltim, Noryani Sorayalita menyatakan, selain dalam rangka slaturahmi kunjungan ini berkaitan dengan adanya pemutakhiran data berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah sesuai dengan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Menurut Noryani Sorayalita, pihaknya perlu melakukan konsultasi dan koordinasi kepada Kemendagri untuk menyamakan persepsi guna mendukung pemutakhiran data yang dilakukan KPUD.

Noryani Sorayalita melanjutkan, KPU, KPU provinsi dan kabupaten/kota berkewajibann melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperrhatikan data kependudukan sesuai dengan ketentuan.

Sesuai dengan Surat Dirjen Dukcapil tentang penuntasan Suket dan PRR, Pemutakhiran Data Pemilih dan Pelayanan yang Bebas Pungli/Percaloan, maka kepala dinas Dukcapil kabupaten/kota menerbitkan dukungan dengan memberikan NIK dan Nama kepada KPUD.

“Selanjutnya, dilakukan proses pemutakhiran dengan menggunakan username dan password yang telah diberikan kepada KPUD,” ujar Noryani Sorayalita.

Direktur Pencatatan Sipil Ditjen Dukcapil Kemendagri, Handayani Ningrum mengapresiasi kinerja dan kekompakan Provinsi Kaltim.

“Ke depan agar terus ditingkatkan dan jangan berpuas diri untuk memberikan pelayanan yang membahagiakan masyrakat,” ujar Handayani Ningrum.

Hingga saat ini, progres perekaman data KTP-elektronik di Kaltim hingga 31 Maret 2021 telah mencapai 96,47%. Sementara data kepemilikan akta kelahiran anak 0-18 tahun mencapai 96,40%. Data kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) mencapai 38,82%. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status