Dispora Kaltim

AHK Sebut Peran Penting Pemuda dalam Demokrasi Indonesia Jelang Pemilu 2024

KLIKSAMARINDAPemilu 2024 adalah tonggak penting bagi masa depan Indonesia. Keterlibatan pemuda dan organisasi kepemudaan adalah kunci kesuksesan demokrasi.

Dalam menghadapi Pemilihan Umum 2024, peran pemuda Indonesia tidak bisa dianggap sepele. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma, menggarisbawahi pentingnya keterlibatan organisasi kepemudaan dalam menjalankan demokrasi di Indonesia. Organisasi kepemudaan di Kalimantan Timur memiliki peran penting dalam memastikan kelancaran dan keberhasilan Pemilu mendatang.

Kalimantan Timur memiliki sekitar 80 organisasi kepemudaan yang aktif. Meskipun sifatnya nasional, peran mereka sangat signifikan dalam membentuk pandangan positif terhadap aturan-aturan pemilu di seluruh Indonesia. Agus Hari Kesuma menjelaskan bahwa organisasi kepemudaan memiliki fungsi pengkaderan yang kuat. Mereka mendorong pemuda untuk peduli dan terlibat aktif dalam dinamika demokrasi.

Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Benua Etam, Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur juga memberikan binaan kepada pemuda usia 16 hingga 30 tahun. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan secara tegas mendefinisikan pemuda sebagai warga negara Indonesia dalam rentang usia ini. Kesuma menjelaskan, “Pada usia ini, pemuda memiliki semangat tinggi, memiliki harapan akan masa depan yang lebih baik, serta penuh idealisme untuk selalu berkembang.”

Mendekati Pemilihan Umum 2024, peran dan keterlibatan pemuda menjadi semakin penting. Mereka memiliki potensi besar untuk menghidupkan dan meningkatkan demokrasi di seluruh Indonesia. Agus Hari Kesuma menekankan, “Kita harus terus terlibut sebagai pembelajaran pemuda dan masyarakat dalam mendukung demokrasi.” (Adv/DisporaKaltim)

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status