News

Proses Verifikasi PPDB di SMPN 1 Tenggarong Kukar Membludak Karena Jaringan Internet Down

KLIKSAMARINDA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 secara online di SMP Negeri 1 Tenggarong, Kutai Kartanegara Senin 29 Juni 2020 tak berjalan mulus. Faktanya, kegiatan Verifikasi penerimaan siswa baru Tahun Ajaran 2020/2021 justru menimbulkan kerumunan dan antrean para orang tua di sekolah tersebut.

Para orang tua calon siswa yang hendak mendaftarkan anak-anaknya untuk masuk sekolah berkumpul di halaman sekolah. Mereka datang karena jaringan down sehingga tidak bisa melakukan pendaftaran secara online.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Ikhsanuddin Noor, menjelaskan bahwa jaringan internet di wilayah tersebut mengalami gangguan pada Senin 29 Juni 2020. Para orang tua yang telah menyerahkan berkas pulang dan esok harinya dihubungi panitia melalui WhatsApp untuk datang kembali ke sekolah.

“Kemarin pagi, jaringan sempat down termasuk di SMA. Kemudian orang tua hanya menyampaikan berkas yang dicantumkan nomor WA langsubg ditinggal pulang. Nanti panitia yang menghubungi lewat WA,” ujar Ikhsanuddin Noor saat dimintai konfirmasi Selasa 30 Juni 2020.

Antrean para orang tua calon siswa tersebut tampak tanpa penerapan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. Karena itu, Kasatpol-PP Kutai Kartanegara mengerahkan anggotanya untuk melakukan pengamanan di area kerumunan para orang tua.

Aparat gabungan dari Satpol PP Kukar dan pihak BPBD serta kepolisian juga turut membanntu mengumpulkan berkas serta mnegecek kelengkapan berkas. Pengamanan dari Satpol PP Kukar anggota Wasdal regu 1, Linmas Regu 1, dibantu anggota dari BPBD serta anggota dari Polres Kukar, berkoordinasi dengan pihak sekolah SMPN 1 Tenggarong. (*)