Clicky

Kenalkan, Motor Amphibi Inovasi BPBD Samarinda

KLIKSAMARINDA – Jika kita berada di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Jalan Sentosa. Kota Samarinda, Kalimantan Timur, akan tampak sebuah kendaraan yang unik. Kendaraan bermotor ini terbuat dari rangka bei dengan ketingigian di ata rata-rata. untuk membantu warga yang terdampak banjir.

Ya, ternyata kendaraan ini merupakan motor amphibi. Menurut Sekretaris BPBD Kota Samarinda, Hendra AH, kendaraan ini berfungsi untuk membantu distribusi logistik maupun evakuasi warga di tengah musibah banjir yang kerap melanda Kota Tepian. Terutama, untuk menjangkau kawasan pemukiman dengan jalan yang sempit.

Hendra mengatakan, kendaraan ini diberi nama motor amphibi. Pembuatan motor ini telah lama dikerjakan dan merupakan ide pribadinya sehingga pengrakitannya memakan waktu cukup lama.

“Kalau membawa bahan makanan untuk warga menggunakan perahu kan agak sulit dan bisa tersangkut. Apalagi yang tinggal di dalam gang. Makanya saya mencetuskan membuat kendaraan motor amphibi ini supaya bisa masuk ke gang-gang sempit,” ujar Hendra, baru baru ini.

Menurut Hendra, penggunaan perahu motor untuk menyalurkan bantuan untuk warga kesulitan. Pun, akan merusak bahan dari perahu karet tersebut.

Hendra menambahkan, motor amphibi ini memiliki daya angkut sekitar 500 kilogram dengan tinggi 2 meter. Motor bermesin motor 125 CC dan bisa mengangkut delapan orang .

“Dulu itu empat ban. Cuman setelah melakukan beberapa kali uji coba ternyata tidak bisa berputar secara maksimal. Sehingga diubah menjadi tiga ban,” ujar Hendra.

Hendra sendiri mengeluarkan dana untuk pembuatan motor amphibi ini sekitar Rp7 juta. Termasuk desain dan rakitan motor amphibi tersebut. Kendaraan ini telah diujicoba namun belum difungsikan (*)

DMCA.com Protection Status