DPRD SamarindaNews

Kelangkaan Gas LPG 3 Kilogram di Samarinda Perlu Disidak

KLIKSAMARINDADPRD Samarinda mengusulkan agar pengawasan distribusi gas LPG 3 kilogram perlu diperketat.

Pengetatan pengawasan tersebut menjadi satu-satunya solusi untuk memastikan distribusi atau penyaluran gas LPG 3 kilogram tepat sasaran.

Pasalnya, kelangkaan gas LPG 3 kilogram di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) dalam beberapa pekan terakhir diduga akibat penyaluran yang tidak tepat sasaran.

Untuk mengatasi kelangkaan ini, menurut anggota Komisi II DPRD Samarinda, Laila Fatiha, hanya bisa dilakukan dengan inspeksi mendadak atau sidak ke lapangan.

“Solusi cuman, itu sidak lapangan,” ujar Laila Fatihah, ditemui Selasa malam, 20 Juni 2023.

Laila Fatihah menambahkan, kelangkaan gas LPG 3 kilogram ini terjadi karena tidak adanya pengawasan lapangan. Khususnya terkait para pembeli yang bukan merupakan warga miskin.

“Iya, masalahnya sekarang yang di luar warga miskin menggunakan itu (gas elpiji). Kan seharusnya mereka tidak menggunakan itu tapi ikut-ikutan, jadi warga miskin yang terdampak,” ujar Laila Fatihah.

Laila Fatihah menekankan solusi permasalahan selain kontroling adalah sidak lapangan.

“Yang jelas, solusinya ini ada di controling dan penindakan,” ujar Laila Fatihah.

Terkait sidak lapangan, Laila mengaku mendapat kabar dari pihak Pertamina maupun Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana) Migas akan melakukan sidak lapangan.

Tujuan sidak ini untuk memastikan tidak ada pihak yang menggunakan gas LPG 3 kilogram selain warga miskin.

“Hiswana Migas dan Pertamina akan turun ke lapangan sambil membawa tabung besar dan melakukan sidak. Nanti mereka akan mencari seperti kafe yang menggunakan gas 3 kilo akan diganti,” ujar Laila Fatihah. (Pia)

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status