Jelang Pemilihan Ketua, 100 Anggota PWI Kaltim Terancam Kehilangan Suara – klik samarinda
News

Jelang Pemilihan Ketua, 100 Anggota PWI Kaltim Terancam Kehilangan Suara

Sebanyak 100 anggota biasa Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) belum melakukan perpanjangan status keanggotaan biasa hingga Juli 2019. Padahal, status anggota biasa aktif bagi PWI memiliki hak suara dalam pemilihan kepengurusan baru.

PWI Kaltim periode 2014-2019, pada akhir November 2019 mendatang, akan melangsungkan pemilihan ketua dan kepengurusan baru untuk periode 2019-2024. Sekretaris PWI Kaltim, Wiwid Mahaendra Wijaya menerangkan, dari 197 anggota biasa yang memiliki hak suara, 100 di antaranya belum melakukan verifikasi status keanggotaan. Status keanggotaan beberapa wartawan ini karena kedaluwarsa dan perlu diperpanjang.

“Saat ini, anggota biasa PWI Kaltim tercatat berjumlah 197 orang. Sebanyak 100 anggota lainnya belum melakukan perpanjangan keanggotaan.
Perpanjangan ini penting agar dapat memperoleh hak suara untuk menentukan ketua PWI Kaltim 5 tahun ke depan. Jika status keanggotaan tidak aktif, akan kehilangan hak suara,” ujar Wiwid di Kantor PWI Kaltim, Jalan Biola, Samarinda, Sabtu 27 Juli 2019

Agar statusnya aktif kembali, imbuh Wiwid, para anggota biasa ini diwajibkan untuk memperpanjang status anggota dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota PWI Kaltim.

Untuk agenda pemilihan kepengurusan baru PWI Kaltim, menurut Wiwid, hak suara dalam pemilihan ketua ditentukan oleh sejumlah syarat. Antara lain harus berstatus anggota biasa. PWI Kaltim juga akan melakukan persiapan pemilihan kepengurusan baru dengan verifikasi keanggotaan biasa dan melakukan pendekatan dengan pihak pendukung atau donator untuk pelaksanaan pemilihan kepengurusan PWI Kaltim periode mendatang.

Wiwid juga menjelasan salah satu syarat menjadi ketua antara lain bersertifikat kompetensi wartawan utama dan bebas dari keanggotaan partai politik. Ketika ditanya apakah akan maju kembali dalam pencalonan, dirinya menyatakan tidak akan ikut dalam kontestasi pemilihan Pengurus Baru PWI Kaltim mendatang.

Dalam pertemuan yang dihadiri beberapa wartawan, Wiwid juga memaparkan rencana terdekat lainnya di akhir kepengurusan PWI Kaltim periode 2014-2019. Wiwid menyatakan ada 2 agenda besar yang akan dihadapi PWI Kaltim, yaitu Pemilihan kepengurusan baru PWI Kaltim periode 2019-2024 dan keikutsertaan PWI Kaltim dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional di Papua. Untuk mengikuti Porwanas, wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI Kaltim harus bersertifikat kompeten. (*)