Senin, 8 Maret 2021 11:26:09

Eksotika Kayan Miau Baru, Pariwisata Berbasis Lingkungan di Kaltim

KLIKSAMARINDA – Virtual Event Kaltim Fest 2020 berlanjut pada Seri II, Minggu 25 Oktober 2020. Memasuki Seri III ini, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memfokuskan pada objek pariwisata berbasis alam di Desa Miu Baru, Kutai Timur (Kutim).

Gelaran Virtual Event Kaltim Fest 2020 ini merupakan Visit Kaltim Fest 2020 Seri III yang mengusung tema “Eksotika Kayan”. Program yang berlangsung selama dua jam ini dipusatkan di Lamin Adat Desa Miau Baru.

Kepala Dispar Kaltim, Sri Wahyuni mengatakan di Seri III ini program Visit Kaltim Fest 2020 menghadirkan kehidupan yang berdampingan dengan alam. Mengusung Eksotika Kayan di Miau Baru menampilkan keelokan alam yang tetap dijaga dan dipelihara oleh Suku Dayak Kayan.

“Kita mengangkat keunikan alamnya, sosial budaya dari Kaltim dan ini yang Dispar Kaltim fokuskan,” ujar Sri Wahyuni.

Kepala Dispar Kaltim, Sri Wahyuni (tengah) saat membuka saat membuka Kaltim Fest Virtual Seri III di Desa Miau Baru, Kutim, Minggu 25 Oktober 2020.

Pjs Bupati Kutim, Jauhar Effendi hadir secara langsung dalam kegiatan pagelaran tersebut. Jauhar Efendi meminta Dispar Kaltim untuk terus bisa mengangkat budaya dayak yang ada di Kaltim, tidak hanya Suku Dayak Kayan.

Jauhar Efendi juga menyanjung Suku Dayak Kayan yang masih bisa menyatu sekaligus melestarikan alam di hutan Kutim ini. Kekayaan budaya ini harus terus dijaga dan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung terutama daerah bahkan luar negeri salah satunya dengan menggenjot promosi wisata budayanya. Mudah-mudahan hal ini selalu menjadi perhatian kita semua.

Pjs Bupati Kutim, Jauhar Effendi

“Kegotong-royongan mereka patut dicontoh terutama bagi kebersihan lingkungannya,” ujar Jauhar Efendi. (*)

Tinggalkan Balasan

error: Terima kasih telah membaca kliksamarinda.com